Sukses

Gattuso Puji Pahlawan AC Milan Lawan Genoa

Liputan6.com, Milan - Striker mahal AC Milan, Andre Silva, akhirnya berhasil memecahkan kebuntuannya di Serie A. Striker yang diboyong dari FC Porto seharga 38 juta euro itu mencetak gol tunggal kemenangan dramatis AC Milan saat bertandang ke markas Genoa, Minggu malam (11/3/2018).

Gol Silva lahir ketika pertandingan sudah memasuki menit 90+5. Memanfaatkan umpan crossing Suso dari sayap kanan, ia menanduk bola ke sisi kiri gawang Genoa yang tak mampu dijangkau Mattia Perin.

Gol tersebut menjadi gol pertamanya di Serie A sejak tiba di San Siro musim panas lalu. Butuh 17 penampilan bagi striker Timnas Portugal itu untuk mengakhiri paceklik golnya.

“Saya senang Andre Silva mencetak gol pertamanya di Serie A. Memang berat mengemban jersey prestisius ini, apalagi kalau Anda masih muda. Kami harus terus bekerja keras dan berkembang sepanjang waktu, serta percaya diri,” ujar pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso.

Dengan gol ini, total Silva sudah mencetak sembilan gol dalam 32 penampilan di semua kompetisi. Delapan gol lainnya seluruhnya dicetak di ajang Liga Europa.

Gol ini sekaligus menjawab kritik yang selama ini mengarah kepadanya. Penyerang berusia 22 tahun itu sebelumnya sempat dianggap sebagai pembelian gagal karena performanya tak lebih baik dibanding striker muda binaan akademi AC Milan, Patrick Cutrone.

Sejak awal musim, Silva memang jarang mendapat kesempatan tampil di Serie A. Jikapun dimainkan, ia lebih sering masuk sebagai pemain pengganti.

Dari 17 penampilan, hanya lima kali ia diturunkan sebagai starter. Bahkan dalam laga kontra Genoa tersebut, ia baru dimasukkan di menit 68, menggantikan Hakan Calhanoglu.

1 dari 3 halaman

Lebih Baik Dibanding Kalinic

Catatan Silva setidaknya masih lebih baik dibanding striker anyar lainnya, Nikola Kalinic. Meski selalu diandalkan sebagai starter di Serie A, penyerang yang diboyong dari Fiorentina itu baru mencetak empat gol sejauh ini.

“Kalinic gagal mencetak gol, tapi dia pemain yang kuat dengan teknik yang bagus. Saya ingin melihat tampil lebih tekun saat bola datang dan dia harus mempermainkan bek-bek lawan untuk menemukan celah. Dia membiarkan dirinya tertekan terlalu mudah,” komentar Gattuso.

“Sudah pasti, striker hidup untuk mencetak gol dan tidak perlu peduli apakah mereka bermain bagus atau tidak. Namun kami tetap mengapresiasi kerja kerasnya untuk tim ini,” Gattuso menegaskan.

2 dari 3 halaman

Tembus Zona Liga Europa

Kemenangan ini membawa AC Milan menembus zona Liga Europa, menggusur Sampdoria dari posisi enam. Dengan torehan 47 poin, I Rossoneri kini semakin mendekati rival sekota Inter Milan, sekaligus mendekati zona Liga Champions dengan selisih enam angka dari Lazio di peringkat empat.

“Jika Anda melihat klasemen, kami sudah memperpendek jarak. Masih ada 11 pertandingan lagi yang akan kami mainkan. Tujuh di antaranya di kandang. Kita lihat saja. Penting bahwa beberapa pemain sudah kembali ke bentuk permainan terbaiknya,” Gattuso menjelaskan.

Dengan kemenangan ini, anak-anak asuh Gattuso punya modal bagus untuk menghadapi Arsenal di leg kedua babak 16 besar Liga Europa hari Kamis mendatang. Mereka harus mampu mencetak minimal tiga gol di Emirates Stadium dengan keunggulan dua gol untuk bisa lolos. Sebab di leg pertama, mereka sudah kalah 0-2 di San Siro.

“Kami pergi ke London bukan untuk jalan-jalan ke taman. Kami mewakili jersey dari klub besar dan kita lihat apa yang akan terjadi,” Gattuso mengakhiri. (Abul Muamar)

Artikel Selanjutnya
Gattuso Puas Lihat Reaksi AC Milan Saat Hadapi Genoa
Artikel Selanjutnya
AC Milan Kerja Keras Curi 3 Poin dari Markas Genoa