Sukses

Selain Ronaldo, 5 Transfer Terbesar MU di Abad 21

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United (MU) bergerak agresif di pasar transfer memasuki abad 21. Juara Inggris 20 kali itu kerap mendatangkan pemain kelas dunia.

Namun, The Red Devils juga sering membeli talenta berpotensi untuk kemudian menjadikannya bintang.

Cristiano Ronaldo contohnya. Didatangkan pada 2003 dengan mahar 12,3 juta pound sterling, dia dianggap sebagai salah satu pembelian terbaik MU.

Bintang asal Portugal itu sukses memenangi Liga Inggris (3), Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, Piala FA, serta Piala Liga Inggris (2).

Selain Ronaldo, berikut transfer besar MU di abad 21.

1 dari 6 halaman

Nemanja Vidic

Vidic bergabung dengan MU pada Januari 2006. Dia dibeli dari Spartak Moscow dengan nilai transfer 7 juta pounds. Sebuah harga yang sangat murah melihat kontribusinya kemudian.

Dia membentuk duet solid lini belakang dengan Rio Ferdinand. Mereka pernah membantu MU meraih 14 clean sheet secara beruntun di Liga Inggris.

Koleksi gelarnya di MU juga banyak. Vidic membawa tim meraih lima titel Liga Inggris, Liga Champions, plus Piala Dunia Antarklub.

2 dari 6 halaman

Michael Carrick

MU merekrut Carrick dari Tottenham Hotspur musim panas 2006. Mantan bintang West Ham United itu dibawa untuk menggantikan Roy Keane.

Karakter permainannya sebenarnya berbeda dengan Keane. Carrick bukan tipe pemain agresif. Meski begitu, dia piawai mendistribusikan bola.

Dengan kemampuannya tersebut, Carrick sudah mempersembahkan lima titel Liga Inggris. Kini berusia 36 tahun, dia sudah memasuki fase akhir karier dan segera gantung sepatu.

3 dari 6 halaman

David de Gea

Dianggap sebagai salah satu kiper terbaik di dunia. Sosok Spanyol itu direkrut sebagai pengganti Edwin van der Sar yang pensiun pada 2011.

De Gea bergabung dari Atletico Madrid saat masih berusia 20 tahun. Kinerjanya pada awal keberadaannya di Old Trafford pun sempat dipertanyakan.

Kini mencapai usia emas, De Gea sudah menjadi kiper andal di Old Trafford. Dengan kualitas tinggi, dia dilaporkan meminta kenaikan gaji saat menandatangani kontrak baru. Berdasarkan penampilannya musim ini, manajemen MU akan bodoh dalam andai tidak menyetujui tuntutannya.

4 dari 6 halaman

Paul Pogba

MU memecahkan rekor transfer untuk mendatangkan Pogba dari Juventus pada musim panas 2016. Mereka mengeluarkan 89 juta pound sterling.

Harga tinggi tersebut membuat tekanan terhadap Pogba sangat besar. Penampilannya yang masih inkonsisten pun ditenggarai karena hal itu.

Pogba memiliki semua yang dibutuhkan untuk menjadi gelandang kelas dunia. Dia bisa menembak dengan baik, memiliki jangkauan passing, serta kemampuan bertahan.

5 dari 6 halaman

Alexis Sanchez

Sanchez bergabung dari Arsenal dalam kesepakatan tukar guling yang melibatkan Henrikh Mkhitaryan. Dia diberi jersey bersejarah nomor tujuh dan menjadi pemain pertama Chile yang bermain untuk MU.

Kontrak Sanchez dengan Arsenal habis pada musim panas mendatang. Pada keterangannya, dia menyatakan bergabung dengan MU karena ingin memenangkan lebih banyak gelar.

Sejauh ini Sanchez masih berjuang untuk menemukan permainan terbaiknya. Dalam empat laga di Liga Inggris bersama MU, dia baru mengemas satu gol. (Eka Setiawan)

Artikel Selanjutnya
Neville: MU Hanya Punya 1 Pemain Kelas Dunia
Artikel Selanjutnya
Gary Neville: Hanya De Gea Pemain Kelas Dunia di MU