Sukses

7 Torehan Bersejarah Iringi 300 Laga Lionel Messi di Barcelona

Barcelona - Lionel Messi menorehkan pencapaian bersejarah dengan Barcelona. Akan tetapi, Messi mencatatkan hal itu saat Los Cules bermain 0-0 kontra Getafe pada laga pekan ke-23 La Liga, di Camp Nou, Minggu (11/2/2018). 

Total 300 pertandingan kandang telah ditorehkan Messi saat ini. Meski tidak mendulang gol melawan Getafe, sejumlah statistik gemilang tetap mengiringi momen bersejarah bagi kapten timnas Argentina tersebut.

Dari total 300 laga kandang, Messi mencatatkan 201 penampilan di La Liga dan menceploskan 212 gol. Adapun 56 laga lainnya dimainkan Messi di pentas Liga Champions. Ia pun tampil impresif karena merobek jala lawan-lawannya sebanyak 56 kali.

La Pulga kemudian mengoleksi 31 gol dari 34 pertandingan dalam turnamen Copa del Rey di Camp Nou. Beralih ke Piala Super Spanyol, El Messiah mengoleksi sembilan laga kandang dengan catatan mencetak gol sebanyak 11 kali.

Sejumlah statistik menawan yang mengiringi 300 laga kandang Messi belum berakhir. Menurut situs resmi Barcelona, setidaknya ada tujuh pencapaian historis yang diukir sang pemain dalam rekor pribadinya tersebut.

Berikut ini adalah penjabarannya:

  1. Messi telah mendulang total 309 gol pada 300 penampilannya di Camp Nou. Jumlah itu menjadikannya sebagai pemain yang paling banyak mendulang gol ketika El Barca melakoni laga kandang.
  2. Kaki kiri Messi menyumbang presentase terbanyak dari 309 gol yang dihasilkannya. Rinciannya adalah 248 gol dengan kaki kiri, 51 gol lewat kaki kanan, sembilan dengan kepala, dan satu melalui tangan.
  3. Sevilla merupakan lawan yang paling sering menjadi korban keganasan Messi di Camp Nou, yakni dengan torehan 19 gol. Espanyol kemudian menyusul sebagai langganan tim yang paling sering dijebol Messi dengan catatan 18 gol. Adapun Valencia, Osasuna, dan Athletic Bilbao, menempati posisi selanjutnya karena harus kebobolan 16 gol oleh Messi.
  4. Messi telah lima kali mencetak quattrick di Camp Nou, yakni melawan Arsenal, Valencia, Espanyol, Osasuna, dan Eibar. Selain itu, dia juga pernah mendulang lima gol ketika menghadapi Bayer Leverkusen.
  5. Selama bertanding di Camp Nou, Messi telah mencatatkan total 22 kali hattrick.
  6. Dani Alves menjadi sosok yang paling banyak memberikan assist untuk Lionel Messi, yakni sebanyak 24 kali. Kemudian disusul oleh Andres Iniesta (19) dan Luis Suarez (17).
  7. Lionel Messi tidak hanya piawai dalam urusan menjebol gawang lawan-lawannya. Ketika berbicara assist, dia pun telah 105 kali menjadi kreator gol bagi rekan-rekannya di Camp Nou.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Sumber: bola.com

Artikel Selanjutnya
Lionel Messi: Real Madrid Klub Spesial
Artikel Selanjutnya
Lionel Messi Kembali Tepis Ada Rivalitas dengan Ronaldo