Sukses

Pelatih FC Tokyo Kagumi SUGBK

Pelatih FC Tokyo juga kagum dengan permainan klub-klub Indonesia yang disebutnya sudah jauh berkembang.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih FC Tokyo, Kenta Hasegawa sangat terkesan dengan kondisi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) usai direnovasi. Menurut dia, stadion seperti ini bisa membuat para pemainnya fokus ke pertandingan.

"Lapangannya sangat bagus dan lingkungan stadionnya membuat para pemain menjadi fokus bermain sepak bola. Karena kadang ada saja kondisi stadion yang membuat pemain tak fokus berlaga seperti jarak ke suporter yang terlalu dekat dan lainnya," ujar Kenta seperti dikutip antara.

Selain itu, dia juga menyanjung kelengkapan SUGBK misalnya lampu "light emitting diode" (LED) yang dipasang di stadion yang pertama kali digunakan tahun 1962 itu.

"Indonesia saat ini punya stadion yang membanggakan untuk menggelar Asian Games 2018," kata dia.

Stadion Utama Gelora Bung Karno sendiri sudah direnovasi sejak tahun 2016 dan SUGBK hasil pemugaran diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Minggu (14/1) yang dilanjutkan dengan laga tim nasional Indonesia kontra Islandia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terus Dapat Pujian

Pemain FC Tokyo dan Bhayangkara FC berusaha merebut bola pada laga persahabatan di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (27/1). FC Tokyo Unggul 4-2 atas Bhayangkara FC. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Perubahan-perubahan di stadion yang peletakan batu pertamanya dilakukan pada Februari 1960 itu sudah mendapatkan pujian dari berbagai pihak mulai pelatih Islandia Heimir Hallgr-msson hingga Presiden Joko Widodo.

Adapun beberapa perbaikan yang dilakukan seperti rumput kini berjenis Zoysia matrella, lalu kursi penonton menjadi tunggal dengan tipe flip dan penggunaan lampu LED yang meningkatkan daya cahaya lampu dari 1.500 lux menjadi 3.500 lux.

Selain memuji stadion, Kenta Hasegawa juga memberikan sanjungan untuk performa Bhayangkara FC yang menurut dia mencerminkan betapa kualitas sepak bola Indonesia sudah berkembang pesat.

"Dibandingkan saat saya pertama kali ke SUGBK tahun 2015 ketika masih melatih Gamba Osaka, level permainan Indonesia kini berkembang cepat," tutur dia.

Sebagai informasi, laga yang dimaksud Kenta adalah ketika Gamba Osaka melawan Persija Jakarta dalam laga persahabatan di SUGBK, 24 Januari 2015. Pertandingan itu sendiri dimenangkan Gamba Oskaa dengan skor telak 4-0.

3 dari 3 halaman

Menang Lagi

Dan pada Sabtu, 27 Januari 2018, Kenta kembali memimpin timnya berlaga di SUGBK, tetapi kali ini bersama FC Tokyo menghadapi juara Liga 1 Indonesia Bhayangkara FC.

Pertandingan yang bertajuk "J-League Asia Challenge 2018" ini dimenangi anak-anak asuh Kenta dengan skor 4-2.

Gol dari Bhayangkara FC dicetak oleh David Aparecido Da Silva (penalti di menit ke-54`) dan Marinus Wanewar (menit ke-69). Sementara gol FC Tokyo dicetak oleh Masato Morishige (menit ketiga), Takefusa Kubo (menit ke-74, 90+10`) dan Ryoichi Maeda (menit ke-84).

Laga persahabatan ini sendiri digelar dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.