Sukses

Mendieta: Ronaldo Berkembang Pesat sejak Hengkang dari MU

Jakarta - Mantan pemain Valencia dan Barcelona, Gaizka Mendieta, ternyata cukup mengikuti karier gemilang penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Menurut Mendieta, di Real Madrid, pemain asal Portugal itu berkembang pesat sejak bergabung dari Manchester United (MU).

Mendieta  datang ke Inggris pada awal musim 2003-2004 untuk memperkuat Middelsbrough sebagai pinjaman dari Lazio. Pada saat yang sama, MU merekrut Ronaldo dari Sporting CP.

Meski sama-sama baru datang, perjalanan karier keduanya berada pada fase yang berbeda. Mendieta tengah berada di penghujung masa aktif, sedangkan Ronaldo baru memulai karier.

Mendieta dan Ronaldo tiga kali saling berhadapan. Dari jumlah tersebut, MU yang dibela Ronaldo gagal mencatatkan satu kemenangan pun dengan hasil satu seri dan dua kali kalah.

Kepada Bola.com, Mendieta pun menceritakan kenangan berhadapan dengan Ronaldo muda. Pria berusia 43 tahun itu membandingkan Ronaldo saat itu dengan sekarang.

"Ketika baru pindah ke MU, Ronaldo lebih sering melakukan berbagai macam trik, tetapi kerap tidak berhasil," kata Mendieta.

 

1 dari 3 halaman

Kurang Ruang Gerak

Cristiano Ronaldo saat masih membela MU. (AFP/Paul Barker)

Di Inggris Ronaldo, kata Mendieta, Ronaldo kurang mendapatkan ruang untuk bergerak. Namun, dia berkembang pesat pada musim pertamanya.

"Saat itu, Ronaldo bergerak sangat cepat, dia sering menusuk ke jantung pertahanan lawan dari sisi lapangan. Sekarang, Ronaldo bermain lebih ke tengah seperti seorang penyerang seiring bertambahnya usia," Mendieta bercerita.

Mendieta terus terang mengaku kagum dengan berkembangan karier Ronaldo. "Ronaldo berkembang pesat sejak saya melawannya," eks gelandang Barcelona itu melanjutkan.

 

 

2 dari 3 halaman

Pencetak Gol Terbanyak

Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo memamerkan salah satu trofi bola emas Ballon d'Or sebelum laga Real Madrid vs Sevilla di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (9/12). Ronaldo baru saja meraih trofi kelima penghargaan Ballon d'Or 2017. (AP/Francisco Seco)

Ronaldo memperkuat Manchester United pada periode 2003 hingga 2009 dan mempersembahkan berbagai gelar seperti Liga Champions, Premier League, serta Piala Dunia Antarklub.

Setelah itu, Ronaldo pindah ke Real Madrid dengan nilai transfer 94 juta euro. Kapten timnas Portugal itu menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Los Blancos setelah mencatatkan 422 gol dari 416 pertandingan.

Sumber: bola.com

Artikel Selanjutnya
Demi Cristiano Ronaldo, MU Lepas David De Gea?
Artikel Selanjutnya
MU Bersedia Tukar De Gea dengan Ronaldo