Sukses

Bhayangkara FC Dukung Evan Dimas dan Ilham Berkarier di Malaysia

Di sisi lain, Evan Dimas dan Ilham Udin masuk dalam proyeksi timnas menuju Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Transfer dua pemain Bhayangkara FC, Evan Dimas dan Ilham Udin, ke klub Malaysia, Selangor FA, sempat jadi polemik. PSSI sempat mempertanyakan mengapa Evan dan Ilham tak menjalin koordinasi dengan mereka terkait hal itu.

Padahal, kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ratu Tisha, keduanya masuk dalam proyeksi timnas U-23 yang tengah dipersiapkan menuju Asian Games 2018. PSSI khawatir kepindahan keduanya ke Selangor justru akan menghambat saat timnas U-23 menggelar pemusatan latihan (TC).

Namun, manajer Bhayangkara FC, Sumardji, mendukung penuh kepindahan kedua pemain tersebut. Dia menilai, berkarier di luar negeri sangat membantu perkembangan kualitas main dan menambah jam terbang.

"Kami (Bhayangkara) mendukung dan bangga dengan Evan Dimas, dan Ilham Udin dapat berkarier di luar. Karena kami menganggap berhasil memotivasi mereka untuk menjadi bintang," ujar Sumardji.

Sumardji tak menampik, ada kekhawatiran Evan Dimas dan Ilham bakal sulit dapat izin dari Selangor jika dibutuhkan timnas. "Karena ikut timnas itu hampir satu musim itu mereka tak bisa membela klub. Jadi hingga saat ini mereka belum bisa mengurus kepindahannya ke Malaysia, lantaran mereka sangat diperlukan di timnas," ujar Sumardji lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cemerlang bersama Timnas

Evan Dimas saat membela timnas Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fitriansyah)

Seperti diketahui, karier kedua pemain ini bersama timnas Indonesia begitu cemerlang, sehingga PSSI sangat berat hati melepas  Evan Dimas dan Ilham Udin berkarier di Malaysia.

Untuk itu juga, pihak Bhayangkara FC sudah menyiapkan kontrak baru jika kedua pemainnya tersebut tak jadi hijrah ke Selangor FA. "Kami sudah siapkan kontrak jika mereka masih ingin berseragam Bhayangkara FC di musim depan," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Di Tengah-tengah

Dalam masalah ini, menurut Sumardji, mereka hanya berusaha bersikap netral. Di satu sisi, mereka menganggap perlu bagi Evan dan Ilham berkarier di luar negeri. Namun, di sisi lain ini juga terkait prestasi timnas Indonesia.

"Untuk kami (BFC), berdiri di tengah-tengah saja. Karena ini penting untuk nama negara dan di sisi lain masa depan atlet juga," ungkapnya.

Karier Evan Dimas Darmin dan Ilham Udin di timnas sendiri diawali saat mereka membela timnas U-19. Saat ini, kedua pemain ini juga memperkuat  timnas U-23 dan senior.

(Dimas Angga P)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.