Sukses

Presiden Jokowi Minta Penjelasan Prestasi Sepak Bola Indonesia

PSSI menjawab keingintahuan Presiden Joko Widodo perihal prestasi Timnas Indonesia usia muda yang lebih baik ketimbang senior.

Jakarta, - Presiden Joko Widodo pada Sabtu (2/12/2017) melontarkan pertanyaan seputar prestasi sepak bola Indonesia. Presiden yang akrab disapa Jokowi itu ingin tahu mengapa prestasi timnas usia muda lebih baik ketimbang senior.

Hal itu ditanyakan Presiden Joko Widodo saat meresmikan empat venue olahraga yang akan dipergunakan untuk Asian Games 2018, yaitu lapangan hockey, lapangan latihan sepak bola Timnas Indonesia, lapangan panahan, yang diakhiri dengan peresmian arena akuatik.

Baca Juga

  • PSSI Segera Umumkan Regulasi Liga 1 2018
  • Waketum PSSI Ungkap Rencana Piala Presiden dan Liga 1 2018
  • Penjelasan PSSI soal Peran Cristian Gonzales di Timnas U-19

Pada kesempatan melihat lapangan latihan Timnas Indonesia, Presiden Jokowi menyempatkan untuk menyapa anak-anak Timnas Indonesia U-16 dan terlihat berbincang dengan striker Timnas U-16, Rendy Juliansyah.

"Pak Presiden sempat memberikan note kepada saya dan bertanya, 'Kenapa ya, kita ini pemain yang muda-muda bisa menangan, tapi kalau sudah ke senior jadi kalahan.' Saya katakan kepada beliau, permasalahannya bukan pada jenjang pemain, melainkan pada jenjang kepelatihan yang terputus dari jenjang yang lebih muda ke jenjang selanjutnya. Antara pelatih yang satu dengan pelatih berikutnya. Hal itu yang menjadi sangat krusial saat ini karena guru yang baik akan menghasilkan murid yang jauh lebih baik," ungkap Ratu Tisha kepada Bola.com di lapangan latihan Timnas Indonesia, Sabtu (2/12/2017).

Ratu Tisha juga menegaskan kedatangan Presiden Jokowi yang melakukan penandatanganan buku kurikulum sepak bola Indonesia merupakan momen yang sangat membahagiakan bagi PSSI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jawaban atas Tantangan

Ratu Tisha menilai buku yang ditandatangani Presiden Indonesia merupakan sebuah jawaban pertama atas tantangan untuk mempercepat pengembangan sepak bola Indonesia yang memang menjadi salah satu agenda pemerintah pada awal 2017.

"Alhamdullilah ini momen yang bersejarah dan membahagiakan untuk PSSI karena ini adalah bentuk perhatian dari Presiden terhadap sepak bola Indonesia. Walau di tengah kunjungan yang padat, beliau menyempatkan diri menyapa anak-anak U-16 di sini. Ini juga bentuk apresiasi terhadap Timnas Indonesia U-16 yang sudah lolos ke putaran final Piala AFC U-16 2018. Selain itu, Pak Presiden juga bersedia menandatangani buku kurikulum pembinaan sepak bola Indonesia yang merupakan jawaban PSSI terhadap permintaan Presiden dalam rapat kabinet terbatas pada Februari lalu," ujar Ratu Tisha.

"PSSI ingin menjawab tantangan itu dengan kerja nyata, salah satunya melalui buku Filanesia yang saat ini menjadi kurikulum dalam pemberian kursus kepelatihan lisensi D dan C. Jadi ini adalah pekerjaan panjang yang kami lakukan. Selain itu, langkah kedua adalah terus melakukan pemantauan di setiap usia karena ada jenjang yang terputus tadi, jadi agar anak-anak yang bergerak ke jenjang usia berikutnya tetap bisa terpantau sampai nanti di level senior. Insya Allah dengan filanesia ini kami bisa menjawab tantangan itu walau hasilnya tidak bisa langsung dirasakan pada tahun depan, tapi semoga membawa ke arah yang semakin lebih baik," imbuh Ratu Tisha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.