Sukses

Dimitrov Kuasai Turnamen Penutup Tahun ATP World Tour Finals

Liputan6.com, London - Tangis bahagia Grigor Dimitrov pecah usai mengalahkan David Goffin 7-5, 4-6, 6-3 pada perebutan titel ATP World Tour Finals 2017 di O2 Arena, Senin (20/11/2017) dini hari WIB. Ini merupakan gelar pertama mantan kekasih Maria Sharapova itu pada turnamen bergengsi akhir tahun.

Pada ATP World Tour Finals kali ini, para penggemar tenis sebenarnya berharap duel Rafael Nadal dan Roger Federer. Namun, kedua petenis unggulan itu gugur lebh dulu.

Meski begitu, Dimitrov sukses mengurangi kekecewaan melalui duel sengit dan penampilan istimewa di lapangan keras O2 Arena. Dia tercatat membutuhkan waktu dua jam 30 menit untuk mengangkat trofi.

Kemenangan ini sekaligus memperlebar rekor pertemuan melawan Goffin menjadi 5-1.

"Saya sedikit lelah. Saya harus memainkan beberapa pertandingan yang benar-benar menguras tenaga karena menghadapi lawan solid. Saya tahu David akan menerapkan taktik baru. Dia harus tampil agresif dan tidak membiarkan saya mengembangkan permainan," ungkap Dimitrov seperti dikutip dari laman resmi ATP.

2 dari 3 halaman

Gelar Kelima Dimitrov

ATP World Tour Finals merupakan gelar kelima petenis Bulgaria itu pada tahun ini. Dimitrov pun berhak atas hadiah sebesar sekitar USD 2,5 juta atau sekitar Rp 34 miliar.

Grigor Dimitrov (kiri) melewati David Goffin pada laga puncak ATP World Tour Finals. (AFP/Glyn Kirk)

Berkat keberhasilan itu, dia menjadi petenis debutan yang memenangkan turnamen elit sejak Alex Corretja dari Spanyol menang di Hanover pada 1998.

3 dari 3 halaman

Modal Tahun Depan

Keberhasilan ini mendongkrak posisi Dimitrov di urutan tiga ATP dengan raihan 5.150 poin. Dia menggeser Alexander Zverev yang turun ke peringkat empat (4,410 angka).

"Gelar ini membuat saya semakin bersemangat menjalani profesi. Gelar ini merupakan modal untuk tampil lebih baik lagi tahun depan. Saya tahu apa yang harus saya lakukan agar bisa berbuat baik," pungkas Dimitrov. (David Permana)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: