Sukses

Bek City Ini Dinilai Pemain dengan Operan Sukses Terbanyak

Stones sempat mendapat kritikan karena permainannya yang buruk bersama City musim lalu

Liputan6.com, Manchester - Manchester City melanjutkan tren kemenangan di Liga Inggris setelah mengalahkan West Bromwich Albion, 3-2, akhir pekan lalu. Pemain sayap Leroy Sane memndapatkan banyak pujian karena penampilan fantastisnya pada laga itu.

Sane mencetak satu gol dan memberikan satu assist. Namun, ada satu pemain City yang mengejutkan dengan menduduki puncak daftar persentase operan tertinggi di liga. Bek John Stones banyak disebut memiliki persentase operan terbaik di Liga Primer.

Stones melewati catatan milik Andreas Christensen dari Chelsea dan dua rekannya di City, Nicolas Otamendi serta David Silva. Stones mempunyai tingkat keberhasilan operan yang mengejutkan, dengan 96,5 persen.

Capaian Stones jauh di atas angka tertinggi kedua milik Davymus Sanchez dari Tottenham Hotspur dengan 93,6 persen berdasarkan peringkat dari Whoscored. Capaian itu merupakan yang tertinggi di lima liga teratas di Eropa.

Stones yang kini berusia 23 tahun awalnya banyak mendapat kritik karena permainannya yang buruk pada musim lalu. Dia sering berada di luar posisi dan mudah dikalahkan dalam situasi satu lawan satu.

Namun, mantan pemain Everton ini menjawab kritikan tersebut dengan beberapa penampilan bagus, sekaligus membawa City meraih enam kali clean sheet dalam 10 pertandingan terakhir di Liga Inggris musim ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Operan Terbaik

Pemain berusia 23 tahun itu kini terlihat lebih meyakinkan bersama Otamendi. Keduanya membantu kiper Ederson Moraes beradaptasi dengan baik di sepak bola Inggris.

Seiring dengan kemampuannya menjaga bola dan melakukan operan, Stones juga membuat 3,1 operan panjang per pertandingan. Ia juga berada di peringkat enam besar kategori jumlah operan per pertandingan, dengan 75,3 operan per laga. Peran lain yang dibuatnya adalah, 2,4 sapu bersih per pertandingan.

Jadi, tidak mengherankan jika pemain belakang memiliki tingkat keberhasilan operan terbaik. Mengingat mereka sering melakukan operan horizontal yang aman. City sendiri terkenal dengan membangun serangan dari belakang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.