Sukses

Riedle: Masalah Sepak Bola Jerman Sama dengan Indonesia

Meski sudah maju, Riedle menilai Jerman ternyata punya masalah yang sama dengan Indonesia. Apa itu?

Liputan6.com, Jakarta - Legenda Borussia Dortmund, Karl Heinz Riedle mengatakan, sepak bola Jerman menghadapi masalah yang sama dengan sepak bola Indonesia terkait perkembangan pemain muda. Ia mengungkapkan hal itu dalam kunjungannya ke Indonesia, Selasa (10/10/2017).

"Kami punya masalah yang sama soal perkembangan pemain muda. Mereka bermain bagus di level junior, tapi ketika mereka berada di level senior, mereka bermain berbeda," ujar Riedl di Jakarta.

Permasalahan perkembangan pemain muda di Indonesia bukan rahasia lagi. Banyak pemain yang mengilap di level junior. Beberapa dari pemain muda ini sempat digadang-gadang akan jadi pemain bintang bagi timnas Indonesia.

Sayangnya, dari sekian banyak pemain, hanya segelintir pemain muda yang bisa mempertahankan level permainan mereka. Salah satu contoh yang konkret adalah gelandang Bhayangkara FC, Evan Dimas.

Bersinar bersama timnas Indonesia U-19, Evan berhasil mempertahankan level permainannya hingga jadi pemain inti di Bhayangkara FC. Evan pun sering dipanggil masuk timnas Indonesia senior.

"Sangat penting bagi pemain muda untuk bekerja keras dan punya kekuatan. Paling penting adalah para pemain muda bisa mendapat kompetisi," ujar Riedle.

"Saya berharap, akan ada satu atau dua pemain Indonesia yang nanti bisa bermain di Bundesliga," kata Riedle mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.