Sukses

Denda Persib Sudah Dibayar, Koin Bobotoh Disumbangkan ke Rohingya

Denda Persib sebesar Rp 50 juta sudah dibayar ke PSSI.

Liputan6.com, Bandung - Uang koin sebanyak Rp 50 juta yang berhasil dikumpulkan bobotoh (sebutan pendukung Persib Bandung) untuk sanksi gagal dikirim kepada PSSI. Pasalnya, manajemen Maung Bandung telah membayar kepada Komisi Disiplin PSSI.

"Kita tahu ada koreografi, ada tindakan dari PSSI dan Persib didenda Rp50 juta, pelanggaran sesuai aturan di FIFA. Dengan reaksi secara spontan dan loyal dari bobotoh kepada Persib, viking mengumpulkan koin Rp50 juta diserahkan kepada kita," kata Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Zainuri Hasyim, Rabu (27/9/2017).

"Pesannya bobotoh diserahkan PSSI, tapi kalau surat itu denda mengarah ke kami (Persib) yang kena tindakan Panpel Persib, namun dari Persib sudah dibayar," tuturnya.

Menurut Zainuri, selain tidak praktis karena jumlah koin yang sangat banyak, pihaknya harus membayar denda sebelum batas waktu. Rencananya uang yang sudah diterima dari bobotoh akan disumbangkan kepada masyarakat Rohingya.

"Uang recehan ini akan dikembalikan dan dikirim ke Rohingya demi kemanusiaan. Denda sudah dibayar Persib, kami sudah terima dan koordinasikan (untuk disumbangkan ke Rohingya)," jelas Zainuri.

Sementara itu petinggi Viking Persib Club, Yana Umar, mengatakan pihaknya sudah menyampaikan amanah dari bobotoh kepada manajemen Persib Bandung. Viking Persib Club batal memberikan uang koin kepada PSSI secara langsung dengan berbagai pertimbangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persib Tetap Menerima Koin Bobotoh

"Begitu terkumpul niatnya ke PSSI, kami sudah siap. Kami sudah koordinasi sama Persib seperti apa, karena tetap Persib yang didenda. Kalau misalnya hari ini Persib menolak koin, saya akan ke berangkat ke Jakarta langsung, tapi Persib menerima karena Persib didenda," ungkapnya.

"Kenapa kami tidak langsung ke PSSI? Saya takutnya bakal memberikan dampak lebih buruk buat Persib nanti ada apa-apa ujung-ujungnya denda. Ini amanah dari bobotoh, warga Bandung, masyarakat Jabar dan suporter lain sudah disampaikan lewat Persib," paparnya. 

Yana menyatakan, bobotoh sudah menyerahkan amanah kepadanya. Apabila Persib memilih menyumbangkan uang dari bobotoh, Yana menyerahkan segalanya kepada manajemen Maung Bandung.

"Alhamdulillah mencapai Rp 153 juta dari koin untuk PSSI dan sisanya melalui Rumah Zakat dan sisa koin sudah kami hitung. Sisa Rp 100 juta lebih akan ke Rohingya," terang Yana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.