Sukses

SEA Games: Soares Pecah Telur Medali untuk Timor Leste

Timor Leste akhirnya merebut satu medali perunggu lewat Sonia Martins Soares di cabor Taekwondo SEA Games.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - SEA Games Kuala Lumpur 2017 tinggal menyisakan satu hari lagi. Besok, perhelatan olahraga dua tahunan ini bakal ditutup di Stadion Bukit Jalil.

Tuan rumah Malaysia melenggang sendirian untuk memastikan gelar juara umum SEA Games 2017. Hingga Selasa (29/8/2017) pukul 15.04, Malaysia sudah mengemas 122 medali emas, 81 perak dan 75 perunggu.

Dibalik gemilangnya prestasi atlet-atlet Malaysia, kondisi kontras dialami Timor Leste. Negara yang merdeka pada 1997 itu baru pecah telur medali pada Selasa hari ini.

Sonia Martins Soares adalah atlet dari Timor Leste yang berhasil mempersembahkan medali perunggu pertama bagi Timor Leste di SEA Games 2017. Atlet berusia 19 tahun tersebut meraih medali dari cabor taekwondo. Sonia memenangkan medali di nomor kyorugi (di bawah 46kg).

Pada pertandingan yang digelar Senin (28/08) kemarin, Sonia harus berbagi medali dengan wakil dari Indonesia, Dhean Titania yang juga berhasil mendapatkan perunggu. Pertandingan tersebut dimenangkan oleh Julanan Khantikulanon wakil dari Thailand dan Truong Thi Kim Tuy yang merupakan wakil dari Vietnam. Masing-masing berhasil meraih emas dan perak.

Berbeda dengan SEA Games 2015, di mana Timor Leste berhasil memenangkan satu perak di cabor taekwondo dan satu perunggu di cabor tinju. Pada SEA Games tahun ini, Timor Leste hanya mampu membawa pulang satu medali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atlet Paling Sedikit

Negara dengan 3,5 juta populasi tersebut hanya mengirimkan 50 atlet pada SEA Games 2017. Dengan hanya membawa 50 atlet, Timor Leste merupakan negara yang mengirim atlet paling sedikit ke Kuala Lumpur.

Dari 50 atlet yang dibawa, cabor sepak bola (20) dan voli (sembilan) merupakan penyumbang pemain paling banyak. Sementara sisanya, ikut berkompetisi di bidang olahraga lainnya. Seperti taekwondo, olahraga air, atletik, tinju, karate, pencak silat atau angkat besi.

Dengan hasil yang didapat oleh Sonia, maka memastikan jika semua negara yang ikut berpartisipasi akhirnya dapat membawa pulang medali ke negaranya masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.