Sukses

Marquez Pelit Bicara soal Sistem Baru Flag to Flag MotoGP

Uji coba sistem baru dijadwalkan akan dilakukan setelah sirkus MotoGP selesai menjalani sesi latihan bebas kedua di Sirkuit Silverstone.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur balap MotoGP Mike Webb rencananya akan melakukan pengujian sistem baru mengenai prosedur pergantian motor saat bendera flag to flag dikibarkan petugas lintasan balapan.

Uji coba ini dijadwalkan akan dilakukan setelah sirkus MotoGP selesai menjalani sesi latihan bebas kedua di Sirkuit Silverstone, Jumat (25/8/2017).

Terkait pengujian ini, Marc Marquez tidak ingin memberikan komentar sebelum mengujinya pada sesi latihan bebas kedua di Sirkuit Silverstone. Juara dunia MotoGP musim lalu mengatakan, sebenarnya ini bertolak belakang dengan apa yang dipikirkan sebelumnya. Meski begitu, dirinya akan mencoba dan setelah itu baru memberikan pendapat.

"Kami akan menguji sistem baru setelah FP2. Setelah mencoba, kami akan melihat dan memberikan pendapat saya. Tapi pertama-tama saya perlu mencoba dan kemudian memberi pendapat," jelas Marquez seperti dikutip dari Crash.



Di bagian terpisah, Webb setidaknya seperti menyetujui penggunaan lollipop man yang diusulkan Marquez. Karena selama pembalap masuk dan keluar pitstop, ada seseorang yang berusaha mengawasi lalu lintas di luar.

"Proses penggantian motor baru akan ada tanda-tanda di pit lane yang menunjukkan titik, di mana pengendara bisa masuk, dan posisi motor baru untuk semua tim. Ini juga akan termasuk seorang mekanik dengan tugas utamanya adalah mengamati lalu lintas pit lane. Setelah pergantian dipastikan pembalapnya dilepas dengan aman."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Prosedur Selama Menguji Sistem Baru

1. Hanya ada sedikit orang di pit lane. Ini berarti penyiapan motor cadangan harus dilakukan di dalam garasi.

2. Pergantian motor harus selesai di pinggir pit lane, tepat di luar garasi tim dengan sudut motor sekitar 45 derajat.

3. Ada seseorang yang memberikan isyarat saat pembalap bisa melajukan motor keduanya dengan aman.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.