Sukses

MotoGP Ceko Bakal Gunakan Ban Khusus

Michelin telah menyediakan ban baru berupa power slick.

Liputan6.com, Brno - Kinerja ban Michelin akan memainkan peranan besar pada balapan seri 10 MotoGP Ceko di Sirkuit Brno, Minggu (6/8/2017) malam WIB. Perusahaan asal Prancis itu dilaporkan telah menyediakan ban baru berupa power slick.

Ban Power Slick secara khusus sudah disesuaikan dengan abrasising medium. Penyediaan ban tersebut untuk memperhitungkan arena pengereman yang keras, zona akselerasi yang kuat dan meredam lintasan bergelombang.

Sementara pada bagian depan, Michelin telah menyediakan desain simetris (lembut). Sedangkan pada bagian belakang para pembalap akan memilih ban sedang dan keras asimetris.

Michelin terlihat sangat memperhitungkan kenyamanan para pembalap di MotoGP Ceko. Michelin mencoba mengatasi tuntutan yang lebih besar pada bagian sisi kanan ban yang mengharuskan ada senyawa yang lebih sulit di sisi itu.

Di bagian lain, Michelin juga menyediakan ban power rain yang akan tersedia dalam senyawa lembut dan menengah pada bagian depan serta belakang. Untuk bagian belakang, akan tersedia desain asimetris sisi kanan yang lebih keras.

Melihat kesiapan itu, tentunya penikmat balap MotoGP di seluruh dunia sudah tak sabar menantikan idola mereka mengaspal di Sirkuit Brno. Apalagi sirkus kuda besi saat ini dalam kondisi segar setelah menghabiskan liburan paruh musim selama satu bulan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berdasarkan Data

Manajer Michelin Piero Taramasso menyebut, selama liburan,Michelin tetap bekerja untuk menganalisis data dari sembilan balapan pertama. Data yang telah terkumpul, kata Taramasso, bisa dijadikan tolok ukur untuk melihat strategi pemilihan ban di sisa tahun ini.

"Ini tentu sirkuit yang kompleks dan selalu menjadi ujian besar untuk ban. Ini adalah jalur yang lebar dengan banyak perubahan elevasi dan berbagai sudut," kata Taramasso dikutip dari laman resmi MotoGP, Kamis (3/8/2017).

Taramasso menyebut, kondisi itu memberi banyak tekanan dan tuntutan pada ban depan dan belakang. Jadi, mereka perlu memiliki karet yang bisa mengatasi hampir semuanya.

"Kami ingin segalanya menjadi baik akhir pekan ini sehingga kami dapat menunjukkan apa yang bisa dilakukan slick di atas jarak balapan. Kami juga ingin memberi pengendara cengkeraman dan konsistensi yang mereka butuhkan," ujar Taramasso, lagi.

Daftar Pemenang GP Republik Ceko 5 Tahun Terakhir

2012 Dani Pedrosa
2013 Marc Marquez
2014 Dani Pedrosa
2015 Jorge Lorenzo
2016 Cal Crutchlow

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.