Sukses

3 Klub yang Sempat Ingin Boyong Lionel Messi

Hubungan Barcelona dan Lionel Messi sulit diusik.

Liputan6.com, Barcelona - Hubungan Barcelona dan Lionel Messi sulit untuk diusik. Maklum, Barcelona punya jasa besar terhadap Messi, begitu pun sebaliknya.

Barcelona adalah klub yang menolong Messi sewaktu sang pemain mengalami masalah hormon di kala muda. El Azulgrana pula yang memberikan Messi kesempatan bermain hingga akhirnya La Pulga jadi pemain terbaik di dunia.

Total, sudah 14 tahun Messi mengabdi di Barcelona dimulai sejak di tim akademi pada 2003. Sudah 507 gol ia buat dari 583 penampilan bagi tim senior.

Berbagai trofi juga sudah Messi persembahkan buat klub yang berdiri sejak 29 November 1899 tersebut. Messi juga sudah menyatakan ingin pensiun di Barcelona.

Terlepas dari eratnya hubungan Messi dan Barcelona, ada beberapa klub yang coba mengintip kesempatan untuk memboyong Messi. Berikut tiga klub di antaranya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Arsenal

Arsenal pernah disebut hampir memboyong Messi dari Barcelona. Hal ini memang diakui sendiri oleh Manajer Arsenal, Arsene Wenger.

Itu terjadi saat Arsenal berusaha memboyong Cesc Fabregas pada 2003. Wenger rupanya ingin juga mengajak Messi untuk hijrah ke Arsenal.

"Memang benar, tapi saat itu Messi tidak tertarik untuk pindah. Kami ingin mendapatkan Fabregas, Messi, dan [Gerard] Pique. Namun Pada akhirnya Messi nyaman di Barcelona," ujar Wenger seperti dilansir Sports Mole.

Pada akhirnya, hanya Fabregas yang hengkang ke Arsenal. Messi memutuskan tetap di Barcelona, sementara Pique memutuskan hijrah ke Manchester United pada 2004.

3 dari 4 halaman

2. Paris Saint Germain

Kekuatan finansial yang luar biasa membuat PSG selalu aktif di bursa transfer pemain. Klub berjuluk Le Parisien itu hampir selalu bisa memboyong pemain yang diincarnya.

Pada 2014, pemilik PSG, Nasser Al Khelaifi, berujar soal target klubnya memboyong Messi ke Parc des Princes. Tidak tanggung-tanggung, Khelaifi ingin juga mendaratkan Cristiano Ronaldo.

"Messi dan Ronaldo adalah dua pemain terbaik di dunia saat ini. Akan sangat hebat jika bisa memiliki mereka berdua dalam tim kami. Mereka punya pesona unik, saya menyukai keduanya," tutur Al Khelaifi.

Sampai saat ini, keinginan itu tampaknya masih bertepuk sebelah tangan. Alih-alih membeli Messi, PSG justru disebut mengalihkan bidikan ke rekan Messi, Neymar.

4 dari 4 halaman

3. Manchester City

Serupa dengan PSG, Manchester City punya kekuatan finansial yang luar biasa. Mereka juga kepincut dengan Messi.

Kesempatan memboyong Messi ke Etihad Stadium datang pada musim lalu usai mereka memboyong Pep Guardiola sebagai manajer baru. Di saat hampir bersamaan, Messi sedang terkena kasus pajak dan terancam hukuman 21 bulan penjara.

Dalam dokumenter TV3 Spanyol, ayah Messi, Jorge, menghubungi Direktur Eksekutif Manchester City, Ferran Soriano, untuk mengatakan putranya ingin meninggalkan Barcelona.

Kontak antara ayah Messi dan petinggi The Citizens diyakini terjadi pada 6 Juli 2016. Empat hari kemudian, Messi dilaporkan mengontak Guardiola untuk bertemu.

Namun hingga kini, transfer Messi ke Manchester City belum terwujud.

Saksikan video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Paris Saint-Germain adalah sebuah klub sepak bola asal Jerman
    Paris Saint-Germain (PSG) merupakan klub sepak bola asal Perancis yang dibuat pada tahun 1970 dan berbasis di Paris.

    Paris Saint-Germain

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City menjadi salah satu klub elite Liga Inggris dalam 1 dekade terakhir

    Manchester City