Sukses

Pendapatan Hak Siar, Barcelona Hanya Sekelas Everton

Pendapatan hak siar Barcelona masih lebih tinggi sedikit saja dari Everton yang berada di peringkat ke-7 klasemen Liga Inggris.

Liputan6.com, London - Pendapatan hak siar Barcelona musim depan ternyata hanya sekelas Everton yang bertengger di peringkat ke-7 klasemen Liga Inggris musim ini. Seperti dilansir as, meski jadi runner up La Liga, Barcelona mendapatkan penghasilan tertinggi dari hak siar.

Barcelona mendapatkan total pendapatan 131 juta pounds (Rp 2,2 Triliun). Ini tak jauh dari pendapatan Everton musim lalu yaitu 127 juta pounds (Rp 2,17 Triliun).

Pendapatan hak siar televisi Barcelona musim depan lebih tinggi dari Real Madrid. Meski jadi juara La Liga musim ini, Madrid berada di posisi dua dengan pendapatan 125 juta pounds. Ini tidak jauh dari pendapatan Southampton yang berada di posisi 8 klasemen Liga Inggris dengan 122 juta pounds.

Kekayaan klub-klub Liga Inggris memang makin mencengangkan. Chelsea mendapatkan penghasilan luar biasa yaitu 150 juta pounds (Rp 2,6 triliun). Adanya kontrak anyar hak siar dengan televisi membuat pendapatan klub-klub Liga Inggris membengkak.

Jumlah yang didapatkan Chelsea lebih besar 57 juta pounds ketimbang yang didapatkan Leicester saat juara Liga Inggris 2015/16 yaitu 93 juta pounds.

Uniknya saat finis ke-12 musim ini, Leicester City dapatkan penghasilan lebih besar 116 juta pounds dari hak siar.  Jumlah ini saja tidak jauh dari yang didapatkan Barcelona dan Real Madrid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendapatan Lainnya

Sementara itu, Tottenham Hotspurs mendapatkan penghasilan 145 juta pounds setelah sukses jadi runner up Liga Inggris. Jumlah ini lebih sedikit dari Manchester City dan Liverpool yang mendapatkan 146 juta  pounds.

Perbedaan ini karena 'facility fees' atau jumlah penayangan yang lebih banyak ketimbang Spurs. Sedangkan Arsenal yang berada di posisi kelima mendapatkan 139,6 juta pounds.

Jumlah ini lebih sedikit dari pendapatan MU yang mendapatkan 141 juta pounds. Pendapatan yang mencengangkan dari klub-klub Liga Inggris ini membuat klub yang berada di kasta lebih bawah berlomba-lomba promosi.

Bagaimana tidak, Sunderland yang degradasi dan berada di posisi buncit saja mendapatkan penghasilan 93,4 juta pounds(Rp 1,5 Triliun). Luar Biasa!

3 dari 3 halaman

Rincian pendapatan

Berikut rincian pendapatan klub-klub Liga Inggris musim ini:

Chelsea puncaki pendapatan hak siar Liga Inggris musim depan (as.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.