Sukses

Live Report dari Cardiff, Wales: Final Liga Champions

Ikuti update berita final Liga Champions langsung dari Wales.

Liputan6.com, Cardiff - Dua tim terbaik siap bertanding di final Liga Champions malam nanti. Juventus akan menghadapi Real Madrid dalam duel panas di Stadion Millenium, Cardiff.

Maklum, keduanya penguasa di kompetisi masing-masing. Juventus menjadi juara di Serie A dan Real Madrid memuncaki La Liga.

Madrid sedikit diunggulkan karena berstatus juara bertahan. Namun, fakta membuktikan tidak pernah ada tim yang mampu mempertahankan gelar Liga Champions secara beruntun.

Juventus sendiri ingin membayar kekecewaan dua tahun lalu. Ketika mereka kalah 1-3 dari Barcelona di partai puncak.

Yang jelas, pertandingan dipastikan berjalan seru. Sebab, kedua kubu memiliki komposisi pemain yang sama-sama mumpuni. Tak heran bila duel antarlini dalam laga tersebut juga akan berlangsung menegangkan.

=========================================

03.41 WIB (21.41 Waktu Wales)

Pertandingan berakhir! Real Madrid 4, Juventus 1. Real Madrid tampil menjadi juara Liga Champions 2016/17! Selamat Real Madrid....

Selebrasi Real Madrid (AFP)

03.40 WIB (21.40 Waktu Wales)

Pendukung Juventus mulai meninggalkan stadion. Tampak petugas keamanan berjaga-jaga di depan tribun Juventus.

03.36 WIB (21.36 Waktu Wales)

GOL! Marco Asencio menambah keunggulan real Madrid menjadi 4-1. Memanfaatkan kemelut di muka gawang Juventus, Asencio menyontek bola operan dari Marcelo.

03.29 WIB (21.29 Waktu Wales)

KARTU MERAH! Pemain Juventus, Juan Cuadrado diganjar kartu merah oleh wasit Felix Brych. Kartu merah dia dapat setelah dikenakan kartu kuning kedua usai melanggar Sergio Ramos. Juventus kini bermain dengan 10 menit sejak menit ke-84.

03.09 WIB (21.09 Waktu Wales)

GOL! Cristiano Ronaldo kembali berhasil menjebol gawang Juventus pada menit ke-61. Ronaldo memanfaatkan umpan crossing datar dari Luka Modric. Lewat satu sontekan, Ronaldo membuat kiper Juventus, Gianluigi Buffon tak berdaya. Ini gol ke-12 Ronaldo di Liga Champions musim ini.

Cristiano Ronaldo (AFP)

03.06 WIB (21.06 Waktu Wales)

GOL! Casimero kembali membawa Real Madrid unggul lewat gol tendangan dari jarak jauhnya. Real Madrid 2, Juventus 1.

Casemiro (AFP)

02.15 WIB (20.15 waktu Wales)

GOL! Mario Mandzukic berhasil menyamakan kedudukan. Lewat tendangan gunting dia sukses menggetarkan jala gawang Keylor Navas. Mandzukic sempat menahan bola dengan dada sebelum melakukan tendangan gunting. Dia mendapat umpan dari Gonzalo Higuain yang meneruskan bola Alex Sandro. Skor 1-1.

Mario Mandzukic (AFP)

02.07 WIB (20.07 waktu Wales)

GOL! Cristiano Ronaldo mencetak gol pertama untuk Real Madrid. Ronaldo melepas tembakan dari dalam kotak penalti Juventus dengan memanfaatkan umpan dari Dani Carvajal. Skor 1-0 untuk Real Madrid.

 Cristiano Ronaldo (AFP)

01.55 WIB (19.55 waktu Wales)

Juventus menyerang! Dalam enam menit, dua kali mereka menghujani gawang Real Madrid dengan tembakan. Pertama dari Gonzalo Higuain, kedua melalui Miralem Pjanic. Kiper Keylor Navas pun harus jatuh bangun.

01.50 WIB (19.50 waktu Wales)

Susunan pemain kedua tim:

Juventus: Gianluigi Buffon, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Dani Alves, Sami Khedira, Miralem Pjanic, Alex Sandro, Paulo Dybala, Gonzalo Higuain, Mario Madzukic.

Real Madrid: Keylor Navas, Marcelo, Sergio Ramos, Raphael Varane, Dani Carvajal, Toni Kroos, Casemiro, Luka Modric, Isco, Karim Benzema, Cristiano Ronaldo.

01.48 WIB (19.48 waktu Wales)

Wasit Felix Brych meniup peluit panjang tanda pertandingan final Liga Champions Juventus vs Real Madrid dimulai. Juventus sebagai tuan rumah mengenakan seragam khas mereka hitam-putih berada di sebelah kanan.

Sedangkan Real Madrid sebagai tamu mengenakan seragam tandang mereka berwarna ungu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Update dari Wales

01.45 WIB (19.45 waktu Wales)

Pemain Juventus dan Real Madrid memasuki pertandingan. Dari lorong mereka terlebih dahulu melewati trofi Liga Champions yang diperebutkan. Lagu anthem Liga Champions diperdengarkan.

01.35 WIB (19.35 waktu Wales)

Opening ceremony dimulai. Kelompok vokal asal Amerika Serikat, Black Eyed Peas tampil di lapangan, minus penyanyi perempuan Fergie.

01.30 WIB (19.30 waktu Wales)

Rumput lapangan Stadion Nasional/Millenium kembali disterilkan. Barisan tentara Wales menutup rumput dengan karpet berwarna biru.

Di lapangan dibuat panggung dengan bentuk bintang khas Liga Champions.

 

01.20 WIB (19.20 waktu Wales)

Suporter kedua tim mendapat hiburan istimewa dari panitia pertandingan. Masing-masing mereka diputarkan lagu khusus.

Untuk suporter Juventus, panitia memutarkan lagu "Thunderstruck" dari AC/DC, sedangkan suporter Real Madrid diputarkan lagu lokal berbahasa Spanyol.

01.11 WIB (19.11 waktu Wales)

Pemain dari Juventus dan Real Madrid mulai melakukan pemanasan dengan menggunakan bola.

 

01.03 WIB (19.03 waktu Wales)

Detik-detik kick off final Liga Champions Juventus vs Real Madrid kian dekat. Di lapangan, tiga kiper Real Madrid melakukan pemanasan.

Kiper utama Real Madrid, Keylor Navas dibantu seorang staf pelatih kiper. Sementara kiper kedua, Kiko Casilla berlatih dengan kiper ketiga.

01.06 WIB (19.06 waktu Wales)

Para pemain Juventus mulai memasuki lapangan, lengkap dengan dua kiper mereka. Mereka melakukan pemanasan, berlari-lari kecil, dan melakukan peregangan.

Tak lama, para pemain Real Madrid juga keluar dari lorong kamar ganti. Mereka bergabung dengan ketiga kiper yang sudah lebih dahulu melakukan pemanasan.

 

3 dari 5 halaman

Update dari Wales

00.45 WIB (18.45 waktu Wales)

Setelah bercengkerama di lapangan dengan pakaian santai, pemain kedua tim kembali masuk kamar ganti. Mereka akan memulai persiapan jelang kick-off pertandingan.

 

00.35 WIB (18.35 waktu Wales)

Para pemain dari Juventus dan Real Madrid memasuki lapangan, melihat atmosfer yang ada di dalam stadion. Tampak para pemain Juventus masih mengenakan jas. Sementara pemain Real Madrid tampil lebih santai, mengenakan kemeja berwarna biru dan celana hitam.

Penyerang Real Madrid, Alvaro Morata, tampak berpelukan dengan para pemain Juventus. Musim lalu, dia memang sempat membela Juventus.

00.29 WIB (18.29 waktu Wales)

Suporter Juventus membuat suasana riuh di dalam stadion. Mereka bernyanyi-nyanyi meneriakkan yel-yel khas mereka.

 

00.24 WIB (18.24 waktu Wales)

Suporter Juventus kontan riuh dan mencemooh saat announcer pertandingan menyebut nama penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Announcer menyebut nama Ronaldo saat tim Real Madrid tiba ke dalam Stadion Millenium.

00.19 WIB (18.19 waktu Wales)

Persiapan pertandingan final Liga Champions Juventus vs Real Madrid terus dilakukan. Saat ini, wasit tengah memeriksa teknologi gawang, apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Teknologi gawang sangat dibutuhkan untuk menentukan sah atau tidaknya gol tercipta. Teknologi ini digunakan untuk menghindari insiden yang kerap disebut sebagai "gol hantu".

00.16 WIB (18.16 waktu Wales)

Seperti juga tribune Juventus, tribune untuk suporter Real Madrid pun mulai dipenuhi suporter.

Bahkan, mereka secara khusus memasang spanduk besar bertuliskan "hala madrid, y nada mas" yang artinya kira-kira "jayalah Madrid, tak ada yang lain"

00.13 WIB (18.13 waktu Wales)

Tribune penonton yang disediakan untuk suporter Juventus sudah mulai penuh. Padahal, di luar stadion masih berbondong-bondong tifosi mengantre untuk masuk stadion.

00.10 WIB (18.10 waktu Wales)

Tidak seperti biasanya, atap Stadion Millenium kali ini ditutup oleh panitia. Ditutupnya atap agar penonton di dalam stadion bisa lebih merasakan atmoster pertandingan.

Ditutupnya atap stadion juga membuat suasana di dalam tampak cerah karena panitia memberikan penerangan yang cukup.

 

4 dari 5 halaman

Update dari Wales

23.45 WIB (17.45 waktu Wales)

Meski sebagian fans telah memasuki stadion, namun di luar masih banyak yang menunggu. Bahkan, mereka membawa selembar kertas dengan tulisan "membutuhkan tiket".

Kabarnya ada 170 ribu fans yang datang ke Cardiff untuk menonton langsung final Liga Champions. Namun, kapasitas stadion hanya 66 ribu kursi.

23.30 WIB (17.30 waktu Wales)

Meski pengamanan cukup ketat, fans Juventus dan Real Madrid tampak tidak terganggu. Mereka mengikuti semua prosedur yang diwajibkan sebelum masuk stadion.

Bahkan tak sedikit fans yang mengabadikan momen tersebut bersama aparat kepolisian.

23.00 WIB (17.00 waktu Wales)

Suporter akhirnya mulai diizinkan masuk ke dalam stadion. Ada empat barikade keamanan yang harus dilalui suporter sebelum masuk.

Sempat terjadi kericuhan di tribune fans Juventus. Mereka melempari petugas dengan botol bir karena tak kunjung diperbolehkan masuk stadion.

 

22.40 WIB (16.40 waktu Wales)

UEFA memutuskan untuk menggelar laga final dengan atap stadion tertutup. Ini adalah laga final pertama di Liga Champions yang dimainkan dalam keadaan indoor.

Alasan keamanan menjadi pertimbangan UEFA menutup atap stadion. Selain itu, UEFA percaya atap yang tertutup bisa membuat atmosfer yang berbeda.

 

 

5 dari 5 halaman

Update dari Wales

22.00 WIB (16.00 waktu Wales)

Zinedine Zidane menilai Juventus tidak akan bermain bertahan dalam laga melawan Real Madrid. Dia tahu Juventus juga memburu gol sejak menit pertama.

"Mereka mengatakan bahwa di Italia semua klub memainkan catenaccio, tapi Juventus bisa lebih dari itu. Saya pun mengharapkan permainan terbuka," ucap Zidane.

==========================

21.15 WIB (15.15 waktu Wales)

Bocoran skuat Real Madrid datang dari Guillem Balague. Jurnalis terpercaya asal Spanyol itu menyebut Isco akan menjadi starter dalam laga nanti.

Sementara Bale hanya menjadi cadangan. Balague juga menyebut Zidane akan menurunkan empat gelandang.

 

 

==============================

21.00 WIB (15.00 waktu Wales)

Gareth Bale menjadi satu-satunya pemain lokal di laga final Liga Champions kali ini. Tak heran, dia berharap warga Wales memberikan dukungannya pada Real Madrid.

Beberapa jam sebelum final, Bale menyampaikan harapannya melalui Twitter.

 

 

 

 

===============================

20.45 WIB (14.45 waktu Wales)

Stadion Nasional atau Millenium sudah siap menyambut partai akbar Liga Champions nanti malam. Sejumlah persiapan dilakukan di dalam dan luar lapangan.

Tampak seorang pekerja sedang merapikan rumput stadion tersebut. Kick-off akan dimulai 01.45 WIB atau 19.45 waktu Wales.

 

===============================================

20.00 WIB (14.00 waktu Wales)

Pendukung Juventus dan Real Madrid mulai mendatangi Stadion Millenium Cardiff. Mereka menghabiskan waktu di fan fest yang memang disediakan oleh panitia.

Menariknya, beberapa pemain legenda seperti Deco, David Trezeguet, dan Gaizka Mendieta ikut menghibur fans yang hadir. Fans juga tak melewatkan untuk berfoto dengan trofi kuping besar.

 

Beberapa fakta menarik mengiringi laga Juventus vs Real Madrid di final Liga Champions malam ini. Berikut ulasannya:

1. Final Liga Champions tahun ini akan dimainkan di Stadion Nasional, Wales, di Cardiff, yang dibuka pada 1999 untuk Piala Dunia Rugby.

2. Stadion ini memiliki kapasitas kotor sebanyak 73.445 penonton dan perkiraan estimasi penonton adalah 66.000.

3. Final akan disiarkan di lebih dari 200 negara, di mana tayangan langsung diperkirakan disaksikan rata-rata 160 juta penonton.

4. Kedua tim bermain pada final Liga Champions keenam mereka, menyamai rekor AC Milan.

5. Felix Brych asal Jerman akan menjadi wasit di final. Pria 41 tahun itu merupakan wasit pada final Liga Europa 2014 antara Sevilla dan Benfica di Turin.

6. Winger Real Madrid, Gareth Bale, jadi putra asli Wales yang tampil di final Liga Champions.

Anda bisa menyaksikan laga Juventus Vs Real Madrid melalui live streaming di sini:

=========================================================

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.