Sukses

Formula E: Tak Terbendung, Buemi Juara Seri Monaco

Ini adalah kemenangan kelima Buemi di Formula E 2016/2017.

Liputan6.com, Monaco - Sebastian Buemi, pembalap Renault E Adams, tampil sebagai juara Formula E 2016/2017 seri Monaco di Circuit de Monaco, Sabtu (13/5/2017). Ia menyelesaikan balapan 51 lap itu dengan keunggulan 0,320 detik atas Lucas Di Grassi.

Buemi melakukan start bagus dengan mengambil alih balapan saat baru dimulai. Kebetulan, pembalap Renault itu memang yang meraih pole position pada kualifikasi. Ia unggul 0,237 detik atas pembalap ABT Schaeffler Audi Sport, Di Grassi.

Di Grassi yang merebut podium juara pada seri Formula E di Meksiko juga melakukan start bagus dengan menempel laju Buemi di awal balapan. Posisi ketiga dan keempat dikuasai Nelson Pique Jr dan Jean-Eric Vergne.

Hingga lap ke-13, tak ada perubahan posisi yang terjadi pada empat barisan terdepan. Sempitnya lintasan Sirkuit Monaco membuat para pembalap kesulitan melakukan manuver untuk menyalip pembalap yang ada di depannya.

Insiden terjadi pada lap ke-21. Bermaksud menyalip Pique Jr, mobil Vergne justru bersenggolan hingga menabrak pagar pembatas dan tak bisa melanjutkan balapan. Seketika bendera tanda harus keluarnya safety car pun dikibarkan pengawas balapan.

Ketika safety car keluar pada lap ke-26, Pique Jr harus merelakan posisi ketiganya direbut Nick Heidfeld, pembalap Mahindra Racing. Di belakang Pique Jr ada pembalap Maro Engel dengan jarak yang begitu dekat.

Buemi yang memimpin balapan pun tak bisa melaju dengan tenang. Pasalnya, Di Grassi yang menempel dari urutan kedua hanya terpaut 1,008 detik hingga lap ke-30. Lima lap berselang, perubahan posisi di lima barisan terdepan tidak terjadi.

Namun, Buemi sukses memperlebar jarak dengan Di Grassi meski tak signifikan. Kini, keduanya terpaut 1,742 detik. Setelah masuk pit untuk mengisi ulang daya, jarak Beumi dengan Di Grassi kembali menipis. Buemi hanya unggul 0,175 detik atas Di Grassi pada lap ke-48, tiga lap sebelum balapan berakhir.

Pada akhirnya, posisi terdepan tetap mampu diamankan Buemi hingga balapan berakhir. Podium kedua dan ketiga dihuni Di Grassi serta Heidfeld. Bagi Beumi, ini adalah kemenangan keempatnya di Formula E musim 2016/2017. Sebelumnya, pembalap asal Swiss itu berjaya di Hong Kong, Marrakesh, dan Buenos Aires.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini