Sukses

Uji Coba Pertama, Timnas Indonesia U-19 Bakal Jajal Tim Lemah

Ada tiga level lawan uji coba yang akan dihadapi Timnas Indonesia U-19.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-19 sudah dipastikan akan menjalani sebuah turnamen di Toulon, Prancis, pada 29 Mei-10 Juni 2017. Namun, sebelum itu akan ada beberapa laga uji coba yang juga akan dilakoni timnas U-19.

Selain timnas Indonesia U-19, ada juga 11 negara lain yang dipastikan ambil bagian dalam ajang bertajuk Toulon Tournament tersebut. Mereka adalah Kuba, Republik Ceko, Pantai Gading, Inggris, Angola, Jepang, Skotlandia, Wales, Bahrain, Australia, dan Prancis sendiri.

Sebagian besar peserta di ajang tersebut akan menurunkan tim U-21. Karenanya, Indra Sjafri menyebut ajang Toulon Tournament sebagai uji coba timnas Indonesia U-19 dengan level tertinggi. Sebelum ke sana, Indra pun akan mengasah kemampuan pasukannya di beberapa uji coba.

"Saya sudah sepakat terkait program dan kalender hingga Desember dengan PSSI. Uji coba itu ada tiga level hingga kami bisa melakukan evaluasi, yakni melawan tim yang lebih lemah, tim yang levelnya sama, dan tim yang levelnya di atas. Jadi, uji coba pertama kami akan dijalani dengan melawan tim yang lebih lemah," kata Indra.

Meski begitu, Indra Sjafri belum mau membeberkan siapa lawan timnas Indonesia U-19 dalam agenda uji coba terdekat. Yang bisa ia pastikan adalah ia hanya akan membawa 20 pemain ke Toulon Tournament. Artinya, ada 12 pemain yang masuk dalam 32 pemain pilihan akan ditinggal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belajar dari Pengalaman

Indra sendiri tak mau nasib timnas Indonesia U-19 akan sama seperti di era Evan Dimas dulu. Saat itu, mereka tampil begitu memukau sepanjang Tur Nusantara. Sayang, saat menjalani ujian yang sesungguhnya, yakni Piala Asia U-19 2014, mereka malah babak belur.

"Saya tak ingin kami seperti dulu, Tur Nusantara menang terus, tapi dihajar di Asia. Soal kualitas lawan (di Toulon Tournamen), Barcelona B saja saya lawan, kenapa tidak melawan mereka (tim U-21)," tegas Indra.

Timnas Indonesia U-19 sendiri tengah dipersiapkan menuju dua ajang penting. Selain Piala AFF U-19 2017, mereka juga bakal tampil di kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Saat memasuki TC yang lebih intensif, timnas Indonesia U-19 bakal dihuni 32 pemain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.