Sukses

Lahm Pensiun Akhir Musim Ini

Lahm memilih menyudahi karier lebih awal meski terikat kontrak sampai 2018.

Liputan6.com, Munich- Bek sayap sekaligus kapten [Bayern Muenchen](http://www.liputan6.com/tag/bayern-munich "") Philipp Lahm membuat keputusan mengejutkan. Pria Jerman itu memilih mengakhiri karier sepak bola profesionalnya akhir musim nanti.

Lahm sebenarnya masih terikat kontrak bersama Bayern hingga 2018. Namun dia memilih untuk menyudahi kontrak bersama FC Hollywood lebih cepat setahun. 

"Saya akan pensiun pada akhir musim ini," ujar Lahm dalam jumpa pers seperti diberitakan Goal.

Keputusan Lahm pensiun dini cukup mengejutkan. Dia baru berusia 33 tahun. Selain itu Lahm juga masih mampu berada dalam performa terbaiknya.

Bayern sendiri sudah menyetujui keputusan Lahm. Klub yang bermarkas di Allianz Arena itu menawarkan Lahm pekerjaan baru sebagai direktur olahraga. Namun tawaran tersebut ditolak Lahm.

"Saya telah memutuskan masih belum saatnya untuk mengambil pekerjaan sebagai direktur olahraga," tegas Lahm.

Lahm merupakan pemain binaan Bayern. Sepanjang kariernya hanya dua klub yang pernah dibela Lahm. Selain Bayern, Lahm sempat dua tahun dipinjamkan ke VfB Stuttgart di awal karier profesionalnya.

Sepanjang kariernya bersama Bayern, Lahm sudah tampil 500 kali dan mempersembahkan tujuh trofi Bundesliga, enam DFB Pokal, satu Liga Champions dan satu Piala Dunia Klub.

Dia juga turut membantu Jerman menjuarai Piala Dunia 2014. Lahm sudah pensiun dari timnas Jerman usai menjadi juara dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.