Sukses

Misi Alfred Riedl Hapus Paceklik Gelar di Piala AFF

Alfred Riedl sudah terlibat dalam lima edisi Piala AFF.

Liputan6.com, Jakarta - Alfred Riedl tampaknya masih penasaran merasakan indahnya mengangkat trofi Piala AFF. Pasalnya, belum satu gelar Piala AFF pun dia raih. Padahal, pria asal Austria ini sudah terlibat dalam lima edisi ajang sepak bola se-ASEAN ini.

Nyaris, mungkin jadi kata yang pas disematkan kepada Riedle. Betapa tidak, sang pelatih sebenarnya sudah dua kali sebelumnya menginjakkan kaki di final, tetapi selalu kandas.

Aksi pertamanya saat menukangi Vietnam pada Piala Tiger 1998 lalu. Bersama Nguyen Huu Thang,yang sekarang jadi pelatih Vietnam, Riedl memang sukses membangkitkan sepak bola di sana.

Tak pernah terkalahkan di Piala AFF edisi tersebut, mimpi Riedl dan Vietnam harus gugur di partai puncak, di tangan Singapura. Gol semata wayang R. Sasikumar kala itu memupus mimpi Nguyen Huu Thang dan kawan-kawan.

Pada 2007 silam, impian itu kembali kandas bersama Vietnam. Sebab, The Golden Stars yang diasuhnya harus kalah 0-2 dari Thailand pada semifinal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangkitkan Euforia Indonesia

Riedl kembali hampir meraih gelar pertamanya di Asia Tenggara kala menukangi Indonesia pada Piala AFF 2010 silam. Dia sukses membangkitkan euforia masyarakat sepak bola Indonesia akan timnas saat itu.

Tangguh di fase grup, Skuat Garuda kembali meyakinkan saat lolos ke final. Ini setelah mereka menundukkan Filipina di semifinal.

Jelang final, Skuat Garuda yang dikomandoi Bambang Pamungkas cs, di atas angin. Sebab, mereka bakal melawan Malaysia, lawan yang notabene pada babak grup dibantai 5-1.
Alfred Riedl kini berpeluang menjuara Piala AFF bersama Indonesia. (AFP)
Akan tetapi, Dewi Fortuna kembali tak menaungi. Ya, kekalahan 0-3 di markas Malaysia, membuat Indonesia tak bisa berbuat banyak di Stadion Utama Gelora Bung karno (SUGBK). Meski menang 2-1, langkah Riedl kembali gagal.

Kini kesempatan itu kembali hadir. Ini bisa jadi akhir penantian indah bagi Riedl. Setelah mengumumkan rencana pensiun, dengan meraih gelar Piala AFF 2016, bisa jadi akhir indah, sekaligus pemuas dahaga Riedl di Asia Tenggara.

Kesempatan kini terbuka lebar. Meski tak diunggulkan lawan Thailand, tetapi dalam sepak bola tak ada yang mustahil. Jadi, bagaimana Riedl?

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini