Sukses

GP Jerman Dihapus dari Kalender F1 2017

Selain GP Jerman, GP Brasil dan GP Kanada juga bermasalah dengan pembiayaan.

Liputan6.com, Jakarta - Karena masalah pembiayaan, GP Jerman akan dihapus dari kalender kegiatan balap Formula 1 2017. Georg Seiler, bos sirkuit Hockenheim, yang kerap digunakan untuk GP Jerman, mengatakan bahwa risiko ekonomi dengan menggelar ajang ini bertahun-tahun secara beruntun terlalu besar.

Sirkuit Hockenheim sendiri telah menggelar balap Formula 1 musim ini dan mengikat kontrak untuk tahun 2018. Juli tahun depan, rencananya  gilirannya Nuerburgring, untuk mementaskan GP Jerman. Namun pemilik sirkuit itu membatalkan persetujuan itu karena masalah biaya sebagai tuan rumah.

Seperti dirilis Antara, sebenarnya, tidak hanya GP Jerman yang bermasalah. GP Kanada dan GP Brasil juga memiliki masalah sama. Namun, kedua negara tersebut diperkirakan akan tetap menggelar lomba, bahkan di Kanada tiket Formula 1 sudah dijual pada Kamis.

Menarik, dari kubu F1 sendiri sebenarnya tak rela jika GP Jerman dihapuskan. "Kami mencoba mempertahankan Hockenheim, namun mereka telah mundur," ujar boss F1 Berni Ecclestone.

Kalender resmi F1 2017 sendiri akan disahkan oleh Federasi Automobil Internasional (FIA) akhir November ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.