Sukses

Prediksi Myanmar Vs Indonesia: Ujian Laga Tandang Tim Garuda

Ini laga tandang pertama Timnas Indonesia sebelum turun di Piala AFF 2016.

Liputan6.com, Yangon - Timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba ketiganya dengan melawan Myanmar di Stadion Thuwanna YTC, Jumat (4/11/2016) sore WIB. Ini merupakan uji coba tandang pertama Tim Garuda sebelum turun di ajang Piala AFF 19 November-17 Desember 2016 mendatang.

Sebelumnya, Timnas Indonesia telah dua kali menggelar laga uji coba, yakni melawan Malaysia dan Vietnam. Pada laga melawan Harimau Malaya, Tim Garuda sukses meraih kemenangan 3-0 di Stadion Manahan, Solo.

Sedangkan ketika menjamu Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Indonesia harus puas bermain imbang 2-2. Meski begitu, bisa dibilang hasil dua laga uji coba ini sangat memuaskan mengingat Indonesia hanya memiliki waktu mepet untuk mempersiapkan tim.

Akan tetapi, jelang melawan Myanmar, persiapan timnas Indonesia bisa dibilang sedikit lebih matang. Pelatih timnas, Alfred Riedl, sempat melakukan dua kali pemusatan latihan di Yogyakarta dan juga Karawaci sebelum terbang ke Myanmar.

Pada pemusatan latihan di Yogyakarta, pelatih asal Austria itu fokus pada pengembangan kondisi fisik para pemain. Pasalnya, Riedl sempat mengeluhkan kondisi fisik para pemain yang tidak maksimal karena jadwal yang padat di ajang Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo.



"Selalu ada peningkatan. Dalam menilai 5-10 persen naik itu tidak bisa dihitung. Tapi, kami tahu dan lihat pemain sudah ada peningkatan fisik," ujar Riedl usai melatih di Stadion Maguwoharjo Selasa (25/10/2016).

Sementara pada pemusatan latihan di Karawaci, Riedl mulai menerapkan taktik dan strategi yang bakal dia gunakan. Penyelesaian akhir menjadi fokus utama Riedl dalam melatih timnas Indonesia di TC Karawaci.

"Latihan dibagi dua grup, satu grup untuk finishing, satu grup untuk latihan taktik, untuk lebih paham lagi bagaimana kita bergerak dalam pertahanan," kata Riedl kepada wartawan, Minggu (30/10/2016) di Karawaci.



"Kami mencoba latihan taktik yang terus diulang. Itu agar tertanam di otak pemain, apa yang kami mau. Dan karena latihan terus diulang, jadi masuk otak dan hati, sehingga secara otomatis pemain menjalankannya dalam pertandingan tanpa diinstruksikan," tuturnya.

Pada laga nanti timnas Indonesia dipastikan tidak bisa memainkan Andik Vermansah dan Stefano Lilipaly. Andik absen karena tidak mendapat izin mengingat laga uji coba kali ini tidak masuk dalam FIFA matchday. Sementara untuk Lilipaly baru bisa bergabung dengan timnas pada 6 November 2016 lantaran tanggal 4 November masih ada jadwal bertanding di Liga Belanda.

Kendati demikian, absennya kedua pemain tersebut masih bisa digantikan oleh pemain berkualitas lain, seperti Evan Dimas Darmono dan Bayu Gatra Sanggiawan. Selain itu, Riedl juga telah mengindikasikan pertandingan kontra Myanmar akan dia gunakan untuk menentukan pemain utama timnas Indonesia.



"Target hadapi Myanmar dan Vietnam adalah untuk menentukan starting XI di laga pertama di Manila (fase grup Piala AFF) dan juga melihat kemajuan para pemain serta tentu saja ingin mendapatkan hasil," ucap Riedl.

Sementara itu, di sisi tuan rumah, Myanmar dipastikan tak akan diperkuat dua pilarnya di lini belakang: Zaw Lin, dan Tran Dinh Hoang, yang mengalami cedera. Meski begitu, Timnas harus tetap waspada karena The White Eagles memiliki deretan pemain muda yang sangat potensial.

Untuk ajang Piala AFF, The White Angels juga cukup banyak mengandalkan pemain-pemain mudanya untuk mengisi juru gedor. Sebut saja, Paing Than, 19 tahun, Mg Mg Lwin (21), hingga Ko Ko Kyaw (23). Bahkan, ketiganya jadi aktor kemenangan Myanmar telak 3-0 atas Hong Kong, dalam laga uji coba 6 Juni lalu.

Paing Than dan Maung Maung Lwin bahkan masing-masing menyumbang golnya. Padahal Paing Than baru 10 kali membela timnas, sedang Lwin enam kali.

Perkiraan Susunan Pemain

Indonesia (4-4-2): Andritany Ardhyasa; Abdul Rahman, Rudolof Yanto Basna, Manahati Lestusen, Benny Wahyudi; Bayu Gatra, Evan Dimas, Bayu Pradana, Zulham Zamrun; Irfan Bachdim, Boaz Solossa

Myanmar (4-4-2): Kyaw Zin Phyo;Phyo Ko Ko Thien, Zaw Min Tun, David Htan, Win Min Htut; Yan Aung Kyaw, Ye Ko Oo, Myo ko Tun, Maung Maung Lwin, Than Paing, Aung Thu

(Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini