Sukses

Jabar Juara Umum Judo Peparnas 2016

Di cabang judo, Jabar meraih tujuh medali emas, enam perak, dan dua perunggu.

Liputan6.com, Bandung - Tim judo Jawa Barat berhasil menjadi juara umum pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jabar yang digelar di GOR Pajajaran Kota Bandung, 17-19 Oktober 2016. Jabar menjadi juara umum dengan meraih tujuh medali emas, enam perak, dan dua perunggu.

Peringkat kedua ditempati Sumatera Utara dengan tiga emas dan dua perunggu. Sementara peringkat ketiga jadi milik Riau dengan satu emas, satu perak, dan satu perunggu.

Emas ketujuh atau terakhir Jawa Barat dipersembahkan oleh atlet Dharma Wirya yang turun pada kelas -81 kg mengalahkan Rahman Bahar (Sulawesi Selatan). Emas ketujuh Jabar disambut suka cita oleh kubu Jabar yang merayakan kemenangannya.
    
"Saya tidak menyangka bisa meraih emas di laga ini, pola bertahan saya menuai hasil, lebih sabar dan perhitungan karena saya tipe bertahan dan menunggu lawan," kata Wirya, seperti dikutip Antara.

Cabang olahraga judo menjadi cabang pertama yang telah menyelesaikan pertandingannya di ajang Peparnas 2016. Pertandingan judo yang hanya mempertandingkan nomor tuna netra terdiri dari 16 nomor pertandingan yang digelar selama tiga hari.

Pelatih Judo Jabar Ira Purnamasari menyatakan gembira atas keberhasilan atlet Jabar menjadi juara umum cabang olahraga judo Peparnas XV. Dalam segala keterbatasan sarana latihan, para atlet itu mampu menunjukkan penampilan yang meyakinkan selama pertandingan.

"Dengan kesuksesan ini saya berharap ke depannya cabang olahraga judo mendapat perhatian yang lebih dari NPCI Jabar, karena saat ini kami tidak punya fasilitas apa-apa, latihan masih numpang, besi tak punya, dojo tak punya, matras tak punya, kadang kami latihan di PJSI kadang ikut di PABBSI," kata  Ira.
    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.