Sukses

Lorenzo: Vinales Setara Rossi, tapi...

Pernyataan Lorenzo didasarkan pada penampilan Vinales di kelas utama.

Liputan6.com, Jakarta - Bergabungnya Maverick Vinales bersama tim Movistar Yamaha ternyata mengundang perhatian Jorge Lorenzo. Pembalap yang dikenal dengan julukan X-Fuera itu yakin Vinales bakal merepotkan Valentino Rossi.

Pernyataan Lorenzo didasarkan pada penampilan Vinales di kelas utama. Dia tiba pada 2014 lalu bersama tim Suzuki. Di awal kariernya tampil bersama pembalap senior, Vinales belum menunjukkan kebolehannya.

Dari 18 balapan, catatan terbaik Vinales hanya berada di urutan keenam. Tapi berbicara tahun kedua di kelas utama, penampilan pembalap berusia 21 tahun itu tidak bisa dianggap remeh.

Vinales sukses mencetak podium pertamanya (ketiga) di Grand Prix Prancis. Sejak itu penampilannya mulai agresif dan akhirnya ia berhasil memberikan kado istimewa buat tim Suzuki dengan merebut podium pertama di Silverstone, Inggris, 4 September lalu.

Melihat performa Vinales di musim ini, Lorenzo percaya jika pembalap asal Spanyol itu berada pada tingkat yang sama dengan Rossi. Ditambah Vinales lebih muda ketimbang The Doctor, bukan tidak mungkin karier Rossi bakal terancam dengan kehadiran mitra barunya tersebut.
Pebalap Suzuki, Maverick Vinales (25), memimpin balapan MotoGP Inggris yang digelar di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (4/9/2016). (AFP/Oli Scarff)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakat Besar

"Dia (Vinales) memiliki bakat besar, ambisi, dan agresi. Vinales ada di tingkat yang sama dengan Rossi, tapi perbedaannya ia lebih muda," kata Lorenzo seperti dikutip GPxtra, Kamis (13/10/2016).

Walaupun melemparkan pujian, Lorenzo tetap memberikan peringatan kepada Vinales. Dia mengatakan, penggantinya di Yamaha harus bisa meningkatkan performa balapnya jika ia ingin menjadi pembalap kesayangan tim Garpu Tala.

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.