Sukses

Ini Rincian 'Harga' Medali Indonesia di Olimpiade Rio 2016

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 28 atlet Indonesia akan bertarung di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, 5-22 Agustus mendatang. Mereka akan bertarung di 7 cabang olahraga demi mendulang medali.

Atlet-atlet yang berada di Indonesia bertolak malam ini, Rabu (27/7/2016). Mereka akan bertemu di Brasil dengan atlet lainnya yang sampai saat ini masih menjalani pelatnas di luar negeri.

 Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Gatot S Dewa Broto, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan bonus menggiurkan bagi atlet yang sukses meraih medali di Brasil. Selain itu, pemerintah melalui Kemenpora juga menjanjikan kesejahteraan hingga tutup usia. 

"Kami harus memanjakan mereka," kata Gatot di Kantor Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Senayan, Jakarta, saat melepas kontingen Indonesia ke Brasil, Rabu (27/7/2016). 

Menurut Gatot, iming-iming bonus sengaja diberikan untuk membangkitkan motivasi bertanding para atlet. Angkanya fantastis, lima kali lebih besar dibanding bonus Olimpiade London 2012. 

"Rinciannya, Rp 5 miliar untuk emas, Rp 2 miliar untuk perak, dan Rp 1 miliar untuk perunggu."

Indonesia sendiri gagal mempertahankan tradisi emas yang telah berlangsung sejak Olimpiade Barcelona 1992. Edisi sebelumnya, Indonesia hanya mampu membawa pulang 1 perak dan 1 perunggu. Kedua medali ini diperoleh dari cabang olahraga (cabor) bulutangkis dan angkat besi.