Sukses

Tabrak Dinding Pembatas, Tim Medis Periksa Rio Haryanto

Mobil Rio Haryanto melintir keluar lintasan di tikungan 10 Sirkuit Hungaroring Hungaria.

Liputan6.com, Hungaroring - Pembalap Manor Racing, Rio Haryanto mengalami nasib sial saat sesi kualifikasi Formula 1 GP Hunggaria, Sabtu (23/7/2016). Mobilnya melintir di tikungan ke-10 di Sirkuit Hungaroring pada  sesi kualifikasi pertama.

Dalam kondisi lintasan basah, Rio tak bisa mengendalikan laju MRT05 yang dikendarainya. Pembalap berusia 23 tahun tersebut pun langsung menabrak pembatas dan mengakibatkan kerusakan yang sangat parah pada mobilnya.

Setelah mengalami insiden tersebut, Rio sempat mendapat perawatan medis. "Ya, saya sampai dipanggil ke pusat medis untuk langkah pemeriksaan karena benturannya sangat keras," ucap Rio di Facebook resmi Manor Racing.

"Meski demikian, saya tidak mengalami luka-luka. Saya merasa sangat baik. Saya hanya kecewa karena sesi kualifikasi pertama sangat sulit dan saya sedang memperbaiki catatan di detik akhir sebelum melintir di lintasan," katanya.


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Kecelakaan

Rio membeberkan penyebab kecelakaannya. Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah itu mengakui bahwa sesi kualifikasi GP Hungaria sangat sulit karena hujan deras membasahi lintasan. Alhasil, sesi kualifikasi sempat tertunda selama 18 menit.

"Ada tiga bendera merah dan membuat kualifikasi pertama sangat menantang. Sempat berhenti, kemudian mulai lagi. Kondisi lintasan sempat membaik, tapi memburuk lagi," ucapnya.

"Pada restart ketiga kami memiliki sisa waktu 5 menit lebih sedikit, jadi kami harus berusaha keras. Tapi trek masih cukup lembab dan saya kehilangan kendali di bagian belakang pada tikungan ke-10," ujar Rio.

Kecelakaan tersebut membuat Rio bakal balapan dari posisi paling akhir. Saat keluar lintasan catatan waktu Rio Haryanto juga buruk yaitu 1 menit 50, 189 detik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini