Sukses

Selain King, Rossi Juga Siap Rebut Kursi Rio Haryanto

Nasib Rio sebagai pembalap utama Manor akan ditentukan dalam waktu dekat.

Liputan6.com, Budapest - Masa depan Rio Haryanto bersama Manor Racing masih dipenuhi ketidakpastian. Beberapa nama pun mulai disebut-sebut sebagai calon penggantinya, salah satunya Alexander Rossi yang disingkirkan Rio awal musim ini.

Kabar yang beredar mengenai Rio belakangan ini lebih banyak membahas soal masa depannya. Itu karena Rio masih belum melunasi kewajibannya kepada Manor.

Hingga kini, pihak Rio baru menyerahkan uang delapan juta euro kepada Manor. Rinciannya adalah lima juta euro dari Pertamina selaku sponsor tunggal dan tiga juta euro dari pihak Rio sendiri. Artinya, Rio masih memiliki tunggakan tujuh juta euro kepada Manor.

Kabarnya, jika tak mampu melunasinya dalam waktu dekat, Rio hanya akan diizinkan menjadi pembalap Manor hingga GP Hungaria akhir pekan ini.

Berbagai pihak sudah berjuang untuk menyelamatkan nasib Rio. Pemerintah, dalam hal ini Kemenpora, pun sudah melakukan berbagai cara untuk menyelamatkan Rio. Namun, hingga kini belum ada jaminan pasti terkait pelunasan tersebut.

Situasi itu pun siap dimanfaatkan beberapa pembalap untuk mengambil kursi Rio. Jordan King yang berstatus pembalap pengembang Manor sudah terang-terangan mengakui keinginan tersebut. Kini, giliran Rossi yang mengungkapkan keinginannya kembali beraksi bersama Manor.

"Manor dan saya sudah menjalin hubungan sejak 2014. Memang sedikit mengejutkan saya tak balapan tahun ini," kata Rossi seperti dikutip GP Update.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Muncul di Latihan Manor


Bicara pengalaman, Rossi memang sudah menjajal lintasan F1 sejak 2012. Kala itu, hingga 2014 ia memperkuat Caterham. Ia hijrah ke Marussia sebagai pembalap cadangan sejak paruh kedua musim 2014. Catatan terbaiknya adalah saat ia finis di urutan ke-12 GP Austin 2016.

Sayang, kehadiran Rio membuat Rossi kehilangan statusnya sebagai pembalap utama Manor. Meski begitu, Rossi tetap punya cara untuk menunjukkan kemampuannya di dalam kokpit. Ia tampil sebagai juara IndyCar 500 di Indianapolis.

Manor pun tampaknya memang mulai mempertimbangkan Rossi sebagai pengganti Rio. Buktinya, Rossi sempat terlihat saat Manor sedang berlatih untuk menatap GP Hungaria.

"Saya pikir apa yang terjadi setelah kemenangan di IndyCar 500 membuat nilai saham saya sebagai pembalap berubah drastis di kedua sisi," ucap Rossi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini