Sukses

Jokowi Menanti Medali ke-28 dari Atlet Olimpiade Indonesia

Jokowi berharap Indonesia Raya berkumandang di Rio de Janeiro.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi melepas Tim Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil 2016, di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Ia berharap atlet-atlet Indonesia bisa mendapat medali emas, sehingga lagu "Indonesia Indonesia Raya" bisa berkumandang di negara lain.

Baca Juga

  • Menpora Nantikan Kejutan Indonesia di Olimpiade 2016
  • Meraba 4 Tim Peringkat Ke-3 Terbaik Euro 2016
  • Cedera, Bek Timnas U-19 Ini Gandeng Fisioterapis La Liga

"Saya ucapkan selamat berjuang mengharumkan nama Indonesia, dari Tanah Air saya menanti lagu 'Indonesia Raya' berkumandang di Rio de Janeiro," kata Jokowi, Rabu (22/6/2016).

Jokowi mengatakan sampai saat ini Indonesia baru mengumpulkan 27 medali sepanjang keikutsertaan di Olimpiade. Ia menanti ada atlet Indonesia yang mendapatkan medali ke-28 dan seterusnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan semangat juang yang menggebu-gebu ditunjukkan para atlet Indonesia, saat 64 tahun lalu pertama kali mengikuti Olimpiade Finlandia. Semangat yang sama juga harus ditunjukkan dalam Olimpiade mendatang.

"Saya percaya semangat yang sama juga pasti menggelora di dada saudara-saudara di Indonesia yang sekarang ini akan berangkat ke Rio De Janeiro dan semangat untuk memberikan yang terbaik baik bagi Indonesia untuk mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia," kata Jokowi.

Presiden Jokowi menyerahkan bendera merah putih kepada Menpora Imam Nahrawi sebagai tanda pelepasan keberangkatan Tim Indonesia menuju Olimpiade 2016 di Brasil, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (22/6). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jiwa Sportif

Jokowi juga meminta para atlet menunjukkan jiwa sportivitas dan mental pemenang. Ia tidak mau Indonesia dipandang remeh oleh negara-negara lain.

"Yang lebih penting dari medali saya harap para atlet semua bisa menunjukkan ke dunia bahwa Indonesia bangsa yang besar, bangsa tangguh, bangsa yang sanggup bersaing, memiliki mental pemenang. Tunjukkan Indonesia menjaga fair play, disiplin dan tidak jumawa," ucapnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menambahkan Olimpiade Rio de Janeiro akan berlangsung pada 5-22 Agustus mendatang. Indonesia mengirim 60 atlet terbaiknya, di antaranya masih ada 25 atlet yang berjuang untuk lolos seleksi Olimpiade.

"Kami laporkan juga bahwa semua atlet dapat fasilitas yang lebih baik. Tiket pesawat kelas bisnis, bonus akan dilipatgandakan, berikut dengan menyiapkan masa depan atlet Olimpiade," Imam menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini