Sukses

Daftar Klub Indonesia yang Berjaya di Kandang Lawan

Selama Torabika Soccer Championship 2016, presented by IM3 Ooredoo, ada 7 tim yang menang di kandang lawan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah tim ketika bermain di kandang lawan kerap mengalami kekhawatiran. Maklum saja, mereka tak hanya menghadapi 11 pemain tuan rumah, tapi juga ribuan pendukung tuan rumah.

Teror dan tekanan yang dilancarkan suporter kerap membuat tim tamu menjadi kurang fokus. Selain itu, bermain di kandang sendiri, tuan rumah selalu tampil ngotot dan penuh percaya diri.

Baca Juga

  • Bek Kiri Brasil Ini Picu Perang MU dan Barcelona
  • Suporter Rusuh, Pejabat PSSI-nya Rusia: Lanjutkan!
  • Piala Eropa 1980: Saksi Mulainya Kebrutalan Fans Inggris

Dukungan pemain ke-12 alias suporter tuan rumah membuat semangat para pemain berlipat-lipat. Tim tamu tak peduli tim besar atau tim kecil - bakal tak mudah meraih kemenangan dalam laga tandang.

Selain faktor "teror" suporter tuan rumah, kelelahan terkadang membuat para pemain tim tamu tak tampil maksimal. Maklum, di Indonesia, banyak tim yang harus menempuh perjalanan melelahkan ketika bermain di kandang lawan.

Hanya saja, sampai pekan ke-5 Torabika Soccer Championship 2016, presented by IM3 Ooredoo, ada fenomena menarik terkait tim-tim yang tak takut ketika bermain tandang. Sejumlah tim secara mengejutkan berhasil meraih kemenangan dalam laga tandang meski diprediksi akan menuai hasil minimal satu poin.

Pada pekan pertama saja langsung dihiasi sejumlah tim yang menang di laga tandang. Persegres Gresik United menang 1-0 di kandang Persela Lamongan. Kemudian secara mengejutkan Bhayangkara Surabaya United menang 2-1 di kandang Barito Putera, dan Madura United menang 2-1 di markas PS TNI.

Fenomena itu hanya sempat absen pada pekan ke-2 dan ke-5. Pada pekan ke-3, Mitra Kukar berjaya di kandang PS TNI. Sejauh ini, PS TNI - bersama Persela Lamongan - menjadi tim yang paling banyak kalah di depan publik sendiri sebanyak dua kali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Tim yang Menang di Kandang Lawan

Pada pekan ke-4, Bhayangkara SU yang sempat menang di kandang lawan, justru kalah saat menjamu Sriwijaya FC. Persipura juga merasakan kemenangan dalam laga tandang saat unggul 1-0 di kandang Persela.

Terakhir, Arema menjadi tim yang berhasil menang di kandang lawan dan itu dilakukan pada pekan ke-6. Singo Edan secara mengejutkan menang 1-0 atas tuan rumah PSM Makassar lewat gol pemain pengganti, Sunarto.

Total, sudah ada 7 tim di Torabika Soccer Championship 2016 yang berhasil meraih kemenangan di kandang lawan. Meski begitu, sampai saat ini belum ada yang bisa dibilang mendominasi karena mereka baru meraih satu kemenangan dalam laga tandang.

Toh, setidaknya itu menjadi pengalaman penting bagi tim yang bersangkutan untuk mengatur emosi dan cara bermain ketika bermain di kandang lawan. Bukan tidak mungkin, dengan belajar dari pengalaman, mereka bisa menambah kemenangan saat berlaga di luar kandang.

Tim Menang di Kandang Lawan:

Pekan ke-1
Persegres Gresik United (1-0 vs Persela)
Bhayangkara Surabaya United (2-1 vs Barito)
Madura United (2-1 vs PS TNI)

Pekan ke-2
-

Pekan ke-3
Mitra Kukar (4-1 vs PS TNI)

Pekan ke-4
Sriwijaya (1-0 vs Bhayangkara SU)
Persipura (1-0, vs Persela)

Pekan ke-5
-

Pekan ke-6
Arema (1-0, vs PSM)

 

Penulis: I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.