Sukses

Profil Tim Piala Eropa: Belgia

Belgia punya modal besar untuk berlaga di Prancis.

Liputan6.com, Paris - Belgia akan menjalani ujian terberat mereka di Piala Eropa 2016.  Pasalnya, ini pertama kalinya mereka kembali tampil di ajang  elite ini setelah Piala Eropa 2000, saat mereka jadi tuan rumah  bersama Belanda.

Tahukah Anda?
Kekalahan terbesar Belgia saat dipermalukan Inggris 2-11 pada ajang persahabatan tahun 1909.

Untung, Belgia punya modal kuat. Selain prestasi bagus di Piala  Dunia 2014, lolos hingga perempat final, mereka juga punya  materi yang cukup bagus.

Baca Juga

  • Jelang Tarung di Uruguay, Daud Cino Tak Pikirkan KO
  • David Laly Waspadai Permainan Keras Persiba
  • Bukan MU, Ibra Ingin Gabung 2 Klub Liga Inggris Ini

Nama-nama seperti Thibaut Courtois, Kevin De Bruyne, Eden Hazard  dan Romelu Lukaku siap bersaing dengan bintang-bintang dari  negara lainnya. Secara kualitas dan jam terbang internasional,  mereka jelas tak perlu diragukan.

Hanya, pelatih Marc Wilmots harus terlebih dahulu putar otak  mencari pengganti Vincent Kompany yang absen lantaran cedera.  Jika masalah ini teratasi, kekuatan Belgia jelas perlu  diperhitungkan.

Julukan: Rode Duivels
Peringkat FIFA: 2
Prestasi Terbaik: Runner-up 1980

Kualifikasi
Pemain Belgia, Radja Nainggolan (kanan) saat berduel lawan Israel di laga kualifikasi, Maret 2015. Di laga ini, Belgia menang 1-0. (AFP)
Belgia lolos meyakinkan dari ajang kualifikasi. Mereka tampil  menjadi juara Grup B dengan 23 poin, hasil dari tujuh kali  menang, dua kali imbang, dan sekali kalah.

Eden Hazard dan Kevin De Bruyne jadi pencetak gol terbanyak  dengan masing-masing mengeoleksi lima gol. Belgia juga menutup  kualifikasi dengan kemenangan beruntun atas Bosnia, Siprus,  Andorra, dan Israel.

Pelatih: Marc Wilmots

Marc Wilmots (AFP)
Semasa jadi pemain, Marc Wilmots adalah legenda bagi Belgia.  Pensiun dari lapangan hijau pada 2003, Wilmots mencatat 70 caps  dan menoreh 28 gol.

Wilmots sempat terjun ke dunia politik, sebelum kembali ke  lapangan hijau. Pria berusia 47 tahun ini resmi ditunju sebagai  pelatih Belgia pada 2012.

Meski dianggap minim pengalaman, Wilmots sukses membuktikan  kapasitasnya. Pada Piala Dunia 2014, dia membawa Belgia lolos  hingga ke perempat final, sebelum dikalahkan Argentina.

Partisipasi Piala Eropa
5 (1972, 1980, 1984,2000, 2016)
Belgia pernah meraih prestasi gemilang di Piala Eropa saat jadi  runner-up di edisi 1980. Namun, setelah itu prestasi mereka  meredup.

Pada Piala Eropa 1984 dan 2000, saat jadi tuan rumah bersama  Belanda, Belgia sudah tersingkir di fase grup. Setelah itu,  mereka bahkan tak pernah lagi lolos ke putaran final, hingga  Piala Eropa 2016 ini.

Jadwal
13 Juni, Belgia vs Italia, Lyon
18 Juni, Belgia vs Rep Irlandia, Bordeaux
22 Juni, Swedia vs Belgia, Nice

Bintang: Eden Hazard
Eden Hazard (AFP)
Piala Eropa 2016 bisa jadi ajang pembuktian kembali bagi Eden  Hazard, setelah redup sepanjang musim 2015/16 di Chelsea. Sebab,  bagaimanapun, untuk Belgia, Hazard, 25 tahun, tetaplah pemain  yang berpengaruh.

Dukungan dari rekan setim dan sentuhan pelatih Marc Wilmots  bukan tak mungkin membuatnya kembali meledak. Kemampuannya  menjadi jenderal lapangan tengah dan kecepatannya, bisa kembali  ancaman bagi tim-tim lawan.

Skuat
Kiper:  Thibaut Courtois (Chelsea), Simon Mignolet (Liverpool), Jean-Francois Gillet (Mechelen).

Bek: Toby Alderweireld (Tottenham), Jan Vertonghen (Tottenham, Thomas Vermaelen (Barcelona), Jason Denayer (Galatasaray), Jordan Lukaku (Oostende), Thomas Meunier (Club Brugges), Laurent Ciman (Montreal Impact), Christian Kabasele (Genk).

Gelandang: Moussa Dembele (Tottenham), Radja Nainggolan (Roma), Marouane Fellaini (Manchester United), Axel Witsel (Zenit St Petersburg), Eden Hazard (Chelsea), Kevin De Bruyne (Manchester City), Dries Mertens (Napoli), Yannick Carrasco (Atletico Madrid).

Striker: Mitchy Batshuayi (Marseille), Romelu Lukaku (Everton), Christian Benteke (Liverpool), Divock Origi (Liverpool).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.