Sukses

Anoeta, Stadion Angker untuk Barcelona

Liputan6.com, Sociedad - Barcelona bakal melakoni salah satu laga tandang tersulit di lima tahun terakhir. Bukan ke Bernabeu, markas Real Madrid, namun ke Stadion Anoeta yang merupakan markas Real Sociedad pada Minggu (10/4/2016) dini hari WIB.

Barcelona bakal mempertaruhkan poin agar tak terkejar lawan Sociedad yang kini bertengger di posisi 10. Setelah kalah 1-2 dari Real Madrid di El Clasico, tak ada cara lain untuk Barcelona untuk merebut semua kemenangan setidaknya untuk 5 laga ke depan.

Masalahnya, itu bukan misi yang mudah. Dari 5 kali percobaan untuk meraih kemenangan dengan 4 pelatih, Barcelona selalu gagal.

Josep Guardiola, Almarhum Tito Vilanova, Tata Martino dan Luis Enrique tak bisa menghapus kutukan belum pernah menang. Terakhir, Enrique harus merasakan timnya tersandung 0-1 dari Sociedad di Anoeta pada 5 Januari 2015 lalu.

Luis Suarez berduel dengan kiper Real Sociedad, Geronimo Rulli, dalam lanjutan La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Barcelona, Sabtu (28/11/2015). (EPA/Alejandro Garcia)

Jika ditotal, Barcelona hanya merebut satu poin dari 5 lawatan terakhir ke Anoeta. Ada 14 poin yang harus dibuang Lionel Messi Cs di sini. Bahkan Barcelona hanya imbang 1-1 pada leg kedua semifinal Piala Raja musim 2013/14.


2 dari 2 halaman

Statistik Aneh

Jika melihat prestasi Barcelona di lima musim terakhir, apa yang terjadi di Anoeta sungguh aneh. Barcelona, yang sukses menang tiga gelar La Liga, 2 gelar Piala Raja, 3 Piala Super Spanyol, 2 Liga Champions, 2 Piala Dunia Klub dan 3 Piala Super Eropa, tak mampu memetik poin maksimal.

Seperti dilansir sport, Barcelona tidak hanya kalah empat kali dari 5 lawantan ke Anoeta, tapi tiga diantaranya Sociedad berhasil bangkit dari ketertinggalan. Saat imbang 2-2, Barcelona sudah unggul  dua gol dalam waktu 10 menit.

Tren buruk Barcelona dimulai sejak musim 2010/11. Thiago cetak gol di menit ke-28. Namun Ifran (70) dan Xabi Prieto (80) mampu membalikkan keadaan.

Musim berikutnya, Xavi (9) dan Cesc (10) bikin Barcelona unggul cepat. Namun Agirretxe (58) dan Griezmann (60) membuat Sociedad berhasil main imbang.

Sebelum mengarsiteki Barcelona, Vilanova harus lebih dulu memulai karier sebagai pemain yang memperkuat banyak klub kecil asal Spanyol (REUTERS/Gustau Nacarino)

Pada musim 2012/13, Tito Vilanova tuai kekalahan pertama di La Liga di Anoeta. Barcelona sempat unggul cepat lewat gol Messi (6) dan Pedro (24), tapi Sociedad berbalik unggul lewat Chory Castro (40), gol bunuh diri Mascherano  (62) dan Agirretxe (87).

Di era Tata Martino, segalanya tak berlangsung baik. Setelah tertinggal karena gol bunuh diri Alex Song (31), Messi samakan skor (35) tapi Griezmann (53) dan Zurutuza (58) bikin Barcelona mati kutu.

Musim lalu, Barcelona kembali terkapar gara-gara gol bunuh diri Jordi Alba di menit ke-2.

Cristiano Ronaldo (tengah) mencoba mencetak gol saat diahadang kiper AS Roma, Wojciech Szczesny dan Konstas Manolas pada leg kedua babak 16 besar  Liga Champion di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Rabu (9/3/2016) dini hari WIB. (AFP/Gerard Julien)

Jika dibandingkan dengan stadion Bernabeu dan markas Celta Vigo, Balaidos, stadion Anoeta memang jadi kutukan bagi Barcelona. Di dua klub itu, Barcelona masih bisa raup 10 poin.

Di markas Bilbao, San Mames, Barcelona raup 11 poin. Sedangkan di Sanchez Pizjuan (Sevilla) dan El Madrigal (Villarreal), Barcelona berhasil rebut tiga kemenangan di periode yang sama.

Berikut infografis lengkap jejak rekam Barcelona di 5 pertemuan terakhir:

ingografis lengkap torehan Barcelona di 5 pertandingan terakhir

Loading