Sukses

Dynamo Vs Manchester City: Buah Strategi 'Gila' Pellegrini?

Dynamo Vs Manchester City nyaris diperkuat seluruh pemain inti.

Liputan6.com, Kiev - Manchester City akhirnya meraih kemenangan pertama mereka di fase knock out Liga Champions sejak musim 2013/14. Kemenangan The Citizens diraih usai hajar Dynamo Kiev 3-1 di leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Baca Juga

  • Rio Teruskan Cita-cita Andra Tampil di F1
  • Disalip Malaysia, Pemerintah Galang Dana untuk Rio Haryanto
  • Lahap 78 Lap, Rio Haryanto Tempati Posisi Buncit

Ini merupakan kemenangan pertama Manchester City di fase knock out Liga Champions. Sejak mulai berjaya di musim 2012/13, City sudah dua kali tembus fase knock out atau 16 besar.

Sialnya, City selalu jumpa dengan Barcelona pada dua kali fase knock out di musim 2013/14 dan 2014/15. Dari empat kali pertemuan di dua leg, City selalu terjungkal.

Pada musim 2013/14, City kalah dengan agregat 1-4 dari Barcelona. Semusim kemudian, The Citizen terjungkal dengan agregat 1-3 dari Barcelona.

Baru musim ini, pasukan Manuel Pellegrini ini jumpa lawan yang relatif 'mudah'. Ya secara tim dan kedalaman skuat, City jelas lebih unggul dari Dynamo Kiev yang sudah lama absen di fase knok out.

Kiper Dynamo Kiev, Oleksandr Shovkovskiy, mengamankan bola dari sundulan bek Manchester City, Vincent Kompany. Kiev sempat mengecilkan kedudukan menjadi 1-2 melalui gol dari Vitaliy Buyalskyy. (Reuters/Gleb Garanich)

Meski demikian, tentu tidak mudah bagi City untuk kalahkan Kiev. Bahkan, Pellegrini sudah 'berkorban' untuk laga ini.

Seperti diketahui, City seperti melepas laga babak lima Piala FA ketika dihajar Chelsea 1-5. Pellegrini rela beber strategi 'gila' dengan menempatkan sekitar 6 pemain muda dan hanya 5 pemain inti saja lawan The Blues.

Dengan formasi itu, City jadi bulan-bulanan pemain Chelsea yang diperkuat mayoritas pemain inti. Usa laga lawan Kiev, Pellegrini banggakan keputusan yang diambilnya ketika melawan Chelsea.

"Penting untuk ambil keputusan yang benar dan memikirkan mengapa saya turunkan pemain muda ketika lawan Chelsea. Dengan hanya miliki 13 pemain inti, saya lega sudah istirahatkan pemain lawan Chelsea," kata manajer asal Chile itu seperti dikutip The Guardian.

Pemain Manchester City, Sergio Aguero dan Yaya Toure, merayakan gol yang dicetak ke gawang Dynamo Kiev pada laga babak 16 besar Liga Champions di Stadion NSC Olimpiyskiy, Ukraina, Kamis (25/2/2016). Kiev takluk 1-3 dari City. (Reuters/John Sibley)

City unggul terlebih dahulu lewat gol Sergio Aguero di menit ke-15. The Citizen tambah keunggulan ketika David Silva yang sempat dikhawatirkan cedera cetak gol kedua di menit ke-40.

Kiev memberi perlawanan lewat gol Vitaliy Buyalski di menit ke-58. Untunglah, City rampungkan pertandingan lewat Yaya Toure di menit ke-90.

Duel Dynamo Kiev vs Manchester City relatif berjalan imbang. Bahkan Kiev mengancam gawang City di menit-menit awal pertandingan. Gara-gara kehebatan City manfaatkan bola mati, mereka bisa unggul lewat Sergio Aguero.

"Saya puas karena ini hasil sangat bagus. Ini belum berakhir tapi menang di laga tandang dan unggul dua gol itu sangat bagus. Apakah laga ini sudah selesai? Tidak, penting untuk tidak berpikir seperti itu di sepak bola," ujar Pellegrini.

Bek Manchester City, Nicolas Otamendi, duel udara dengan pemain Dynamo Kiev, Domagoj Vida. Kemudian gol kedua dicetak oleh David Silva pada menit ke-40. (Reuters/Gleb Garanich)

Lawan Kiev, City memang bisa jumawa karena turunkan pemain terbaik. Hanya Kevin de Bruyne saja yang absen di daftar pemain yang diturunkan City dini hari tadi.

Selebihnya merupakan pemain regular yang memang selalu jadi andalan City di Liga Inggris atau laga lainya. Kehadiran kapten Vincent Kompany yang sudah pulih dari cedera turut angkat moral The Citizen.

"Kami tampil seperti tim yang lapar dengan kesuksesan malam ini. Kami menatap leg kedua lebih baik tidak seperti sebelumnya," kata Kompany.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini