Sukses

Rio Haryanto Gabung Manor Jadi Sorotan Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Rio Haryanto menjadi satu-satunya pembalap Asia yang bakal tampil di balapan Formula 1 2016. Bergabung dengan Manor Racing dari Inggris, Rio bakal tampil di seluruh seri balapan musim ini.

Bergabungnya Rio ke tim Manor tak hanya meramaikan wajah media di Indonesia saja. Di luar negeri, berita mengenai Rio Haryanto tampil di Formula 1 musim ini juga mencuri perhatian.

Guardian, media asal Inggris, memberi judul, "Bergabung dengan Manor, Rio Haryanto menjadi pembalap Indonesia Formula 1 pertama dari Indonesia". Media Inggris lainnya, Daily Mail juga tidak mau ketinggalan. "Manor memastikan Will Stevens telah kehilangan kursi F1 setelah Rio Haryanto membayar £10 juta untuk menggantikan pembalap Inggris tersebut," bunyi judul Daily Mail. 

Situs-situs berita otomotif luar negeri juga melakukan hal yang sama. Crash.net hingga situs resmi Formula 1 juga ikut membahas kepastian Rio Haryanto tampil di balapan Formula 1 musim ini.

"Rio Haryanto Amankan Kursi F1 Manor", tulis Crash.net. Sedangkan di media sosial Twitter, Rio Haryanto juga sempat menempati peringkat pertama trending topic dunia.

Perjuangan Rio Haryanto untuk bergabung dengan Manor Racing memang tidak mudah. Apalagi setelah tim asal Inggris itu memberikan satu kursi ke tangan pembalap Jerman, Pascal Wehrlein.

Selain Will Stevens, Rio sebenarnya punya saingan lain, yakni Alexander Rossi. Sebelumnya, pembalap asal asal Amerika Serikat itu sangat yakin bakal memperkuat Manor musim ini. Apalagi sebelumnya, Rossi dan Stevens sama-sama sudah punya pengalaman tampil di F1 musim lalu.

Namun Manor akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Rio. Pemilik Manor F1, Stephen Fitzpatrick, memastikan hal ini dan menyatakan Rio Haryanto bakal menjadi pembalap kedua di timnya.

"Kami senang untuk mengumumkan Rio bakal jadi pembalap yang mengisi kursi kedua di tim kami. Rio Haryanto sudah membalap karting sejak usia 6 tahun. Dia sangat hebat di dalam maupun di luar trek. Dia juga tampil bagus di GP2 musim lalu," ujar Fitzpatrick seperti dilansir Crash.net.