Sukses

Menpora: Manor Bersedia Kurangi DP 'Kursi' Rio Haryanto

Rio Haryanto semula wajib membayar 5 juta euro dulu sebagai bentuk DP.

Liputan6.com, Jakarta Tim Manor Marussia F1 memberikan keringanan kepada pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto. Menpora Imam Nahrawi menyebutkan jika Manor bersedia kurangi jumlah pembayaran awal (DP) untuk membeli satu kursi di tim asal Rusia tersebut.

Baca Juga

  • 5 WAG's Seksi Ini Doyan Gonta-ganti Klub
  • Teriakan Nama Mourinho, Fans MU Ingin Van Gaal Dipecat
  • Laga Klasik, Chelsea Pakai Semua Pemain Asing di Boxing Day

Dengan keringanan atau dispensasi tersebut, langkah Rio untuk tampil di balap mobil paling terkenal di dunia tersebut semakin terbuka lebar.

"Manor memberikan kami dispensasi, tidak harus membayar DP 40 persen (5 juta euro). Jadi untuk pembayaran pertama kali, kami bisa membayar 3 juta euro saja. Ini sedikit meringankan,"  ujar Imam di acara grand launching logo dan maskot Asian Games 2018, di Plaza Selatan, Senayan, Jakarta (27/12/2015).

"Manor sudah memberikan ruang yang luas bagi keterlibatan Rio. Hal itu terjadi karena pemerintah sudah menjamin dan mendukung Rio. Kami juga tidak berhenti untuk berusaha mencari saudagar dan pengusaha untuk masalah ini," sambungnya.

Rio memang membayar 15 juta euro (Rp 225 miliar) jika ingin bergabung bersama Manor pada balapan musim depan. Namun hal itu bisa dilakukan dengan cara mencicil terlebih dahulu. 

Menpora mengaku akan tetap mendukung Rio  untuk bisa tampil di ajang F1 demi kebangaan untuk Indonesia.

"Kemarin, kami undang untuk bertemu tanggal 23, tapi berhubung akhir tahun, Rio sedang berlibur. Tapi komitmen kami tidak akan berhenti untuk membantu Rio bisa menjadi kebanggan nasional," ujarnya menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini