Sukses

Barcelona Tersandung di Kandang Valencia

Liputan6.com, Valencia- Barcelona gagal melanjutkan tren kemenangan di ajang La Liga. Gol telat Santi Mina membuat Blaugrana harus puas bermain imbang 1-1 dengan Valencia, Minggu (6/12/2015) dini hari WIB.

Meski gagal menang, Barcelona masih memuncaki klasemen dengan 34 poin. Namun kini mereka cuma unggul dua poin saja dari peringkat dua Atletico Madrid. Sementara Valencia naik ke posisi tujuh dengan koleksi 20 poin.

Pada laga di Stadion Mestalla itu, Barca membuang-buang peluang dan baru bisa memimpin di babak kedua lewat Luis Suarez. Namun Valencia yang tak banyak peluang di luar dugaan bisa menyamakan skor menjelang laga usai lewat aksi Mina.

Turun dengan kekuatan penuh, Barcelona mendominasi jalannya pertandingan sejak menit pertama. Lionel Messi seharusnya bisa membawa Barca unggul cepat di menit 5 bila saja tendangan volinya tidak melambung dari gawang Valencia.

Messi kembali membuang peluang emas pada menit 25. Berawal dari penetrasi Neymar, bola diumpankan kepada Messi yang berdiri di kotak penalti Valencia, namun tembakan Messi terlalu lemah sehingga mudah ditangkap kiper Valencia.


Di menit 34, Barcelona seharusnya bisa unggul bila Luis Suarez lebih tenang dalam memanfaatkan umpan Neymar. Tendangan voli Suarez melesat di atas gawang Valencia. Beberapa menit kemudian, tembakan Suarez kembali tak menemui sasaran.

Setelah jeda, Barcelona berusaha secepatnya memecahkan kebuntuan. Namun Blaugrana harus menunggu hingga menit 59 untuk bisa menjebol gawang Valencia.

Suarez berhasil lolos dari kawalan pertahanan Valencia usai melakukan kerjasama satu-dua dengan Messi. Suarez dengan jeli menceploskan bola ke tiang dekat gawang Valencia yang dikawal oleh Domenech.

Neymar hampir saja menggandakan skor ketika laga berjalan 74 menit. Pemuda Brasil ini melakukan solo-run yang diakhiri dengan tendangan keras, tapi bola masih jauh dari sasaran.

Valencia tak mau menyerah begitu saja. Tuan rumah akhirnya bisa melepaskan tendangan ke arah gawang pertama kalinya di laga ini pada menit 79. Akan tetapi sepakan Rodrigo De Paul terlalu lemah sehingga mudah ditangkap Bravo.

Empat menit sebelum bubaran Valencia akhirnya bisa menyamakan skor. Lewat serangan balik cepat, Paco Alcacer memberikan bola kepada Santi Mina. Tanpa ampun, Mina melepaskan tendangan keras yang tak kuasa dibendung Bravo.

Messi membuang dua peluang emas untuk mengembalikan keunggulan Barcelona di sisa laga. Tembakan Messi bisa digagalkan oleh Domenech. Skor 1-1 bertahan sampai bubaran.

Susunan Pemain:

Valencia: Domenech, Abdennour, Aderllan, Gaya, Vezo, Perez (Bakkali 73'), Parejo, Barbosa, Mina (Tropi 88'), De Paul (Piatti 83'), Paco

Barcelona: Bravo, Alves, Pique, Alba, Mascherano, Iniesta, Rakitic, Busquets, Messi, Suarez, Neymar