Sukses

10 Fakta Menarik MotoGP Australia

Rossi punya catatan bagus bila membalap di Phillip Island.

Liputan6.com, Jakarta- MotoGP seri ke-16 musim 2015 akan digelar di Australia. Balapan di Sirkuit Phillip Island itu akan sangat menentukan siapa yang bakal menjadi juara dunia mengingat MotoGP tinggal menyisakan tiga balapan.

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo tengah bersaing ketat untuk menjadi juara dunia. Rossi saat ini memuncaki klasemen pebalap dengan hanya unggul 18 poin saja dari Lorenzo.

Jelang balapan GP Australia yang berlangsung 18 Oktober 2015, Liputan6.com akan memapar beberapa fakta menarik dari balapan di Phillip Island itu. Apa saja? Simak di halaman berikutnya:

1. Di era MotoGP, Honda menjadi pabrikan yang paling sering menang di Phillip Island dengan total lima lagi. Kemenangan terakhir diraih Honda tahun 2012 melalui Casey Stoner.

2. Ducati menjadi tim kedua yang sering menang dengan empat kemenangan disusul Yamaha (3 kemenangan). Seluruh kemenangan Ducati didapat oleh Stoner (2007 hingga 2010).

3. GP Australia tidak selalu digelar di Philip Island. Sirkuit Eastern Creek pernah dipakai selama enam tahun sebelum kembali dilaksanakan di Phillip Island pada tahun 1997.

4. Valentino Rossi merupakan pebalap yang paling sering menang di Phillip Island. Total delapan kali Rossi juara di sana dengan enam diantaranya pada kelas MotoGP.

5. Rekor kemenangan beruntun di Phillip Island dipegang oleh Stoner. Dia selalu menang dari tahun 2007 hingga 2012.

6. Lorenzo memegang rekor lap tercepat di Phillip Island. Dia melahap satu lap dalam waktu 1 menit 27.899 detik pada tahun 2013.

7. Hanya ada dua pebalap peserta MotoGP 2015 yang pernah menang di Phillip Island di kelas para raja yakni Rossi dan Lorenzo.

8. Pebalap yang paling sering merebut pole position di Phillip Island adalah Stoner.

9. Sirkuit Phillip Island memiliki tiga patung legenda balap Australia yakni Stoner, Mick Doohan dan Wayne Gardner

10. Musim lalu, Rossi yang menjadi pemenang di GP Australia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.