Sukses

Demianus Howay: Mutiara Hitam Uni Papua yang Diincar Klub Korea

Demianus diminati klub Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Bocah asal Papua, Demianus Howay, merasakan manfaat dari keikutsertaannya dengan Uni Papua. Bagaimana tidak, anak yang bukan siapa-siapa ini mendapat kesempatan mengikuti pelatihan di luar negeri!

Pada awal tahun 2015, Demianus sudah mendapatkan sertifikat dari Malaysia Sports Ministry Coalition (MSMC) usai mengikuti pelatihan dari IPOHBUG. Ia juga mengikuti pelatihan Equip Leader di Korea Selatan selama satu bulan.

Pemain Uni Papua Demianus Howay (Istimewa)

"Sampai saat ini saya tak percaya apa yang sudah terjadi pada saya. Ini seperti sebuah mimpi. Tiba-tiba sudah berada di Malaysia, tak lama kemudian, sudah berada di Korea. Ini suatu mukjizat. Karena itu, setiap saat saya berdoa dan mensyukuri apa yang sudah Tuhan buat bagi saya melalui Pak Harry (CEO Uni Papua FC)," tutur Demianus Howay.

Pemain Uni Papua Demianus Howay (Istimewa)

CEO Uni Papua, Harry Widjaja, menegaskan organisasinya ingin menggunakan sepak bola sebagai alat perubahan sosial. Tidak ada batasan bagi anak-anak yang ingin bergabung dengan Uni Papua. Bahkan jika mereka berprestasi, mereka harus siap dikirim ke luar negeri untuk mendapatkan pelatihan sepak bola dan ilmu pengetahuan.

Pemain Uni Papua Demianus Howay (Istimewa)

Cerita lucu menghampiri Demianus saat hendak berangkat ke Korea Selatan. Karena itu merupakan pengalaman pertamanya, ia sampai tidak makan karena gugup.

"Selama tiga hari saya tidak makan, saya tidak tahu kenapa seperti itu. Terus dihantui rasa takut, karena itu, saya berdoa siang dan malam, agar Tuhan memberi saya keberanian untuk berangkat ke Korea,” katanya.

Pemain Uni Papua Demianus Howay (Istimewa)

Selama di Korea, Demi mengikuti pembinaan dan pelatihan di markas Goyang FC, salah satu mitra Uni Papua di Korea Selatan. Demianus bercita-cita menjadi pemain profesional di Liga Eropa. Karena itu, ia berkomitmen untuk bekerja keras, berlatih, dan belajar dengan sungguh-sungguh untuk mencapai cita-citanya itu.

"Saya ingin membahagiakan kedua orangtua saya. Saya tak ingin mengecewakan mereka. Karena itu, saya akan berlatih dan belajar dengan baik, agar dapat menjadi pemain profesional yang membahagiakan orang tua, membahagiakan Pak Harry dan membahagiakan semua teman-teman di Uni Papua," tegas Demianus.
 
Mimpi pemain 21 tahun itu kemungkinan besar dapat terwujud. Karena saat ini ia tengah didekati klub Korea Selatan. (Ton/Ary)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini