Sukses

Bukan Curry atau LeBron, Ini Dia MVP NBA Finals

Iguodala menyumbang 25 poin di gim keenam.

Liputan6.com, Cleveland- Forward Golden State Warriors Andre Iguodala terpilih sebagai pemain terbaik atau Most Valuable Player (MVP) NBA Finals. Iguodala mengungguli rekan setimnya Stephen Curry dan bintang Cleveland Cavaliers LeBron James sehingga berhak mendapat Bill Russell Award.

Sepanjang enam pertandingan final melawan Cavaliers, Iguodala di luar dugaan tampil cemerlang. Eks pemain Philadelphia 76ers ini mampu menjelma menjadi salah satu mesin poin.

Tak hanya poin, Iguodala juga berperan besar dalam defence. Pemain 31 tahun ini selalu ditugasi pelatih Steve Kerr menjaga James.

Meski James mampu dua kali mencatat triple double sepanjang rangkaian NBA Finals 2015, field goals mantan pemain Miami Heat ini tidak terlalu bagus akibat penjagaan ketat dari Iguodala.

Pada gim keenam yang jadi penentuan Warriors merebut trofi NBA, Iguodala mencetak 25 poin, lima rebound, lima assists dan dua steal.Pemain Warriors, Andre Iguodala mencium trofi usai mengalahkan Cleveland Cavaliers di pertandingan ke enam final NBA di Quicken Loans Arena,  Cleveland, (17/6/2015). Warriors unggul atas Cavaliers 4-2 dalam format best of seven. (Reuters/Bob Donnan)

Di musim 2014-2015, Iguodala sebenarnya bukan pemain inti di Warriors. Pria kelahiran Springfield ini baru mulai sering dijadikan starter oleh Kerr pada gim keempat final dimana Cavaliers unggul 2-1.

Perjudian Kerr terbukti sukses. Sejak Iguodala jadi starter, Warriors mampu menyapu bersih tiga pertandingan sehingga berbalik menang 4-2. Total Iguodala mencetak 63 poin dari tiga kesempatan main sejak menit awal di NBA Finals 2015. Iguodala merupakan pemain pertama sepanjang sejarah yang meraih MVP Finals meski tak pernah sekalipun jadi starter di musim reguler 2014-2015.Andre Iguodala (AFP)

Iguodala memperoleh tujuh suara, mengungguli James yang hanya mendapat empat suara dalam voting penentuan peraih MVP Finals yang dilakukan 11 media terpilih. (Tho/Ary)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini