Sukses

Barcelona Juara Liga Champions!

Barcelona mengalahkan Juventus dengan skor 3-1 di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Minggu (7/6/2015).

Liputan6.com, Berlin - Barcelona meraih gelar kelima Liga Champions setelah mengalahkan Juventus dengan skor 3-1 di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Minggu (7/6/2015) dinihari WIB. Mereka juga berhasil meraih treble winners.

Gol Barca pada laga ini dicetak Ivan Rakitic, Luis Suarez dan Neymar. Sementara gol Juve disumbangkan Alvaro Morata.

Menghadapi Barca, Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri menerapkan formasi 4-2-3-1. Allegri mengandalkan Carlos Tevez di lini depan. Sedangkan Alvaro Morata ditempatkan sebagai penyerang bayangan.

Paul Pogba dan Andrea Pirlo mengatur irama serta menjaga keseimbangan permainan tim asal Italia tersebut. Di posisi penjaga gawang, pengalaman Gianluigi Buffon menjadi andalan.

Sedangkan ahli susun formasi Barcelona, Luis Enrique menerapkan formasi 4-3-3. Dia menempatkan trio Luis Suarez, Lionel Messi dan Neymar di lini depan.

Gerard Pique dan Javier Mascherano berduet di lini pertahanan Barcelona. Ketangguhan kiper Marc-Andre Stegen diuji pada final kali ini.

Di pertandingan ini, Barcelona sangat mendominasi permainan dengan menguasai ball possession hingga 60 persen.

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/894738/original/047786300_1433620466-tag-reuters__5_.jpg

Simak ulasan babak pertama di halaman selanjutnya --->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2

Jalannya pertandingan di babak pertama

Barcelona membuka keunggulan pada menit keempat. Mendapat umpan dari Lionel Messi, Andres Iniesta langsung melepaskan umpan silang mendatar. Ivan Rakitic pun menyambar bola tanpa bisa dihentikan Gianluigi Buffon.

Barcelona vs Juventus (Reuters / Darren Staples)

Terkejut dengan gol cepat Barcelona, Si Nyonya Tua mencoba membalas. Pada menit kedelapan, Alvaro Morata melepaskan umpan silang mendatar dari sisi kiri pertahanan Barcelona, bola langsung disambar Arturo Vidal dengan sepakan kaki kanan. Namun sayangnya, akurasi sepakan Vidal tidak menemui sasaran.

Buffon melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-13. Dia menangkap tendangan kaki kanan Dani Alves dari dalam kotak penalti.

Peluang emas Juventus tercipta pada menit ke-24. Morata melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti Barcelona. Namun, arah bolanya masih melebar di sebelah kanan gawang Ter Stegen.

Dua menit berselang, Claudio Marchisio melepaskan tendangan kaki kanan dari jarak jauh. Bola hasil sepakannya masih melayang tipis di atas mistar gawang Los Blaugrana.

http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/894726/original/002854600_1433619401-juvebarca1.jpg

Neymar melepaskan tendangan mendatar dari dalam kotak penalti Juventus pada menit ke-27. Bola hasil sepakan kaki kanannya masih tepat dipelukan Buffon.

Menit ke-35, Paul Pogba terjatuh akibat hadangan Jordi Alba di kotak penalti Barcelona. Beberapa pemain Juventus sempat melakukan protes. Tapi, wasit Cuneyt Cakir tidak menganggap hal itu sebuah pelanggaran.

Empat menit berselang, Luis Suarez melepaskan tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti Juventus. Tangan Buffon sudah tidak bisa menjangkau bola. Untungnya, sepakan Suarez sedikit melebar di sebelah kanan gawang Juventus.

Menit ke-44, Marchisio kembali melepaskan tendangan kaki kanan dari jarak jauh. Namun usahanya masih tepat dipelukan Ter Stegen. Skor 1-0 untuk keunggulan Barcelona bertahan hingga babak pertama berakhir.

Simak ulasan babak kedua di halaman selanjutnya --->

3 dari 3 halaman

3

Jalannya pertandingan di babak kedua

Di awal babak kedua, atau tepatnya pada menit ke-47, Buffon menggagalkan peluang emas Barcelona untuk menggandakan keunggulan. Dia menepis tendangan keras Suarez yang memanfaatkan serangan balik.

Empat menit kemudian, kerja sama ciamik Barcelona membuat lini pertahanan Si Nyonya Tua ketar-ketir. Messi mengakhiri kerja sama itu dengan sepakan kaki kiri dari dalam kotak penalti. Sayang, usaha peraih 4 gelar Ballon d'Or itu belum menemui sasaran.

Pada menit ke-55, Juventus akhirnya menyamakan kedudukan. Ter Stegen tidak sempurna menepis bola hasil sepakan Carlos Tevez. Bola liar disambar Morata yang membuat jala gawang Los Blaugrana bergetar.

Barcelona vs Juventus (Reuters / Darren Staples)

Enam menit berselang, Si Nyonya Tua kembali mendapat peluang emas. Tevez yang tidak terkawal melepaskan tendangan kaki kanan dari depak kotak penalti Barcelona. Sayang, akurasi sepakannya tidak menemui sasaran.

Mendapatkan umpan pendek dari Patrice Evra, Pogba melepaskan tendangan kaki kanan dari jarak jauh pada menit ke-64. Namun, usahanya masih tepat dipelukan Ter Stegen.

Barcelona kembali unggul pada menit ke-68. Berawal dari tendangan Lionel Messi yang berhasil ditepis Buffon. Bola liar langsung disambar Luis Suarez. Gawang Juventus bergetar, Barcelona unggul 2-1.

Barcelona vs Juventus (Reuters / Michael Dalder)

Tiga menit setelahnya, Neymar menggetarkan jala gawang Juventus melalui sundulannya. Tapi gol tersebut dianulir wasit karena setelah menyundul, bola mengenai tangan Neymar.

Menit ke-78, Pirlo mengirim bola lambung setelah mengeksekusi tendangan sudut. Bola langsung disundul Pogba. Namun, usaha mantan gelandang Manchester United itu masih tidak menemui sasaran.

Giliran Gerard Pique mengancam gawang Buffon. Pada menit ke-82, berawal dari situasi tendangan bebas, Pique berhasil melepaskan tendangan kaki kanan dari jarak dekat. Sayang, bola hasil sepakannya tidak menemui sasaran.

Di masa injury time, Barcelona mengunci kemenangan setelah Neymar melepaskan tendangan mendatar yang tidak bisa dihentikan Buffon. Skor jadi 3-1 untuk Barca.

">

Hingga pertandingan berakhir, tidak ada gol tambahan tercipta. Barcelona memastikan treble winners untuk kali kedua sepanjang sejarah mereka. (Cak/Jon)

Barcelona vs Juventus (Reuters / Dylan Martinez)

Susunan pemain
Juventus: Buffon, Barzagli, Bonucci, Lichteiner, Evra, Pogba, Marchisio, Morata (Llorente '85), Pirlo, Vidal (Pereyra '79), Tevez
Barcelona: Ter Stegen, Pique, Mascherano, Alba, Alves, Rakitic (Mathieu '90+1), Busquets, Iniesta (Xavi '79), Suarez (Pedro 90+5), Messi, Neymar

Baca Juga:

Minus Bantuan Pemerintah, PSSI Hitung Kerugian Sanksi FIFA

Duel Tinju Daud Yordan vs Maxwell, Seru dan Misterius

Pembukaan SEA Games Singapura Bikin Penonton Terpukau

Menpora Main Ancam, Persipura Tidak Gentar

Mitos Liga Champions: Juventus Bakal Juara Musim Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.