Sukses

Fakta Unik Atletico Madrid dan 17 Mei

Ada apa dengan tanggal 17 Mei untuk Atletico Madrid?

Liputan6.com, Madrid: Ada apa dengan 17 Mei? Tanggal ini boleh jadi bermakna spesial bagi Barcelona karena berhasil memastikan gelar juara La Liga Spanyol usai menang 1-0 atas Atletico Madrid.

Namun seperti dilansir Marca, tanggal 17 Mei ternyata menjadi momen-momen yang menentukan bagi Atletico Madrid setidaknya di 3 musim terakhir. Kok bisa?

Ya, pada 17 Mei 2013, Atletico Madrid memastikan gelar juara Copa del Rey atau Piala Raja usai sundulan Joao Miranda memastikan "Rojiblancos" menang 1-0 atas Real Madrid di final Copa del Rey 2012/13.

Sundulan itu bermakna ganda. Selain membawa Atletico menjadi juara, sundulan Miranda juga mengakhiri kutukan Atletico tak pernah menang di laga derby Madrid selam 14 tahun.
Miranda jadi penentu gelar juara copa del rey 2012/13 lewat satu golnya ke gawang Real Madrid pada 17 Mei 2013 (DANI POZO / AFP)
Setahun kemudian atau tepatnya 17 Mei 2014, Atletico kembali mencetak hasil manis. Kali ini sundulan bek Diego Godin yang membawa Atletico Madrid menjadi juara La Liga Spanyol di Camp Nou. Sundulan Godin membuat Atletico imbang Barcelona 1-1. Tapi hasil ini membuat poin Atletico musim lalu tak terkejar.

Saat itu, Barcelona hanya membutuhkan kemenangan sedangkan Atletico membutuhkan satu poin. Laga berlangsung di pekan ke-28 dan sundulan Godin begitu mematikan sekaligus mengakhiri penantian 18 tahun tak pernah menjadi juara.
Diego Godin mencetak gol kemenangan Atletico saat jadi juara La Liga pada 17 Mei 2014 (LLUIS GENE / AFP)
Lanjut ke halaman berikutnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Nah, pada 17 Mei 2015 pula, Atletico menorehkan momen penting. Tapi kali ini bukan keberhasilan yang didapatkan. Justru tanggal ini menjadi penting artinya bagi Barcelona.

Satu gol dari Lionel Messi lewat tembakan kaki kiri berhasil memastikan Barcelona merengkuh gelar juara La Liga ke-23. Tanggal ini juga memastikan jika Atletico tanpa satu gelarpun musim ini. Sesuatu yang tak lazim karena Atletico biasanya merengkuh minimal satu gelar sejak 2010.
Kiper Atletico Madrid, Jan Oblak (kanan) gagal menghalau bola tendangan penyerang Barcelona, Lionel Messi pada laga Liga Spanyol di Stadion Vicente Calderon, Senin (18/5/2015). Barcelona menang 1-0 atas Atletico Madrid. (AFP PHOTO/ Cesar Manso)
Kekalahan pada 17 Mei 2015 juga bisa mengancam posisi mereka dalam meraih tiket Liga Champions secara otomatis. Untunglah, mereka menghadapi lawan yang enteng di pekan terakhir La Liga yaitu menghadapi Granada.

Beruntung pula karena pekan ini, Valencia hanya mampu merebut satu poin karena ditahan Celta Vigo 1-1. Bukan kebetulan, 17 Mei memang selalu berarti banyak bagi Atletico Madrid.

Baca Juga:

5 Pemain Muda Paling Bersinar Musim Ini

Ramos Mulai Kesal Sifat Serahkah Ronaldo?

Lagi, Lorenzo Kalahkan Rossi untuk Podium Satu GP Prancis

Roy Suryo Sedih PSSI Kisruh Lagi

Whatsapp, Kunci Kebangkitan Barcelona Musim Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.