Sukses

Berapa Alokasi Dana PT Liga Gelar Pra Musim ISL 2015-16?

"Rinciannya untuk bayar wasit hingga hadiah,"

Liputan6.com, Jakarta - PT Liga Indonesia menyiapkan dana sebesar Rp 50 miliar untuk menggulirkan pra kompetisi menyambut Liga Super Indonesia (ISL) musim 2015-16 pada September mendatang.

Menurut rencana, kompetisi itu mengikutsertakan 18 tim peserta ISL dan dimulai pada akhir Mei ini. Format perhelatan itu terbagi menjadi tiga wilayah sistem home and away.

CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono menjelaskan alokasi dana untuk memutar kompetisi ini. Tidak sedikit. Paling banyak untuk honor wasit dan hadiah pemenang.

"Bakal menghabiskan Rp 50 miliar, uang itu didapat dari pihak sponsor. Rinciannya untuk bayar wasit hingga hadiah," jelas Joko di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (13/5/2015).

Pria berkacamata itu menambahkan, 18 tim yang berpartisipasi di babak awal akan mendapatkan uang kontribusi komersial sebesar Rp 1 miliar. Tim yang lolos ke babak selanjutnya bakal mendapat dana ekstra.

"Di babak awal, klub mendapat 1 miliar, lolos ke 16 besar mendapat 500 juta dan begitu seterusnya sampai final. Juara akan mendapat 1 miliar, sementara peringkat kedua 500 juta," jelas Joko.

Bagi pemenang kompetisi pra musim akan mengantongi uang yang jumlahnya sama dengan dana kontribusi komersial dari PT Liga Indonesia untuk mengarungi kompetisi setiap tahunnya, yakni sebesar Rp 2 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.