Sukses

Atlet Nasional Ramaikan Kejuaraan Sepeda Gunung di BSD City

Selain atlet nasional, atlet dari luar negeri diprediksi juga bakal ramaikan kejuaraan sepeda gunung ini.

Liputan6.com, Jakarta: Beberapa atlet sepeda gunung nasional dari berbagai daerah bakal turut meramaikan kejuaraan sepeda gunung bertajuk MTB XC (Mountain Bike Cross Country) Open Championship 2015 yang berlangsung di sirkuit Taman Kota 2, BSD City pada Sabtu dan Minggu (10/5/2015). Atlet sepeda gunung dari Jawa Timur, Zainal Fanani dan atlet riau, Sudiyanto diantaranya yang bakal meramaikan event yang terakhir digelar 2013 ini.

Kejuaraan ini diselenggarakan oleh Universitas Budi Luhur (UBL)  bekerja sama dengan Jalur Pipa Gas (JPG) ,ISSI Tangsel dan Sinarmas Land. Tak kurang 214 atlet sepeda gunung dari komunitas atau umum yang sudah mendaftarkan diri untuk kejuaraan tersebut. Panitia membatasi peserta hingga 350 orang.

Menurut Ketua Pengurus Yayasan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro MBA pihaknya memang selalu berkomitmen untuk mengembangkan olahraga. "UBL ini banyak melahirkan atlet. Banyak atlet di sini dan diantaranya mendapatkan bantuan beasiswa dari kami," ujarnya di sesi konfrensi pers, Selasa (5/5/2015).

"Universitas Budi Luhur berkomitmen untuk mendukung perkembangan olahraga nasional, khususnya di cabang balap sepeda gunung, dan berharap melalui kejuaraan ini mampu melahirkan bibit pembalap baru yang berkualitas dan mampu berprestasi di kancah nasional maupun internasional," sambungnya.

Para peserta bakal melahap sirkuit Taman Kota dengan panjang 3,52 km. Trek ini khusus dibuat oleh FLAGPEAK Racing System. Ketua Panitia, Pangeran Ilham Baron mengatakan ada 9 kelas yang dilombakan pada kejuaraan ini yaitu Men Elite, Women Elite/Open, Man Senior Open (19 tahun - 30 tahun), Man Master Expert (31 tahun - 48 tahun), Master A (31 tahun -39 tahun), Master B (40 tahun - 48 tahun), Man Veteran (49 tahun ke atas), Man Junior (14 tahun -18 tahun), Full Suspension Man Open (31 tahun ke atas).

Pemenang akan mendapatkan  hadiah total Rp 63 juta. "Peserta paling banyak yang daftar dari kelas Master A dan full Suspension. Kami mengundang seluruh komunitas dan penggila sepeda gunung agar bisa berpartisipasi di event ini," seru Ilham.

Selain hadiah uang tunai, para pembalap yang berhasil naik podium juga akan mendapatkan hadiah berupa produk dari para sponsor serta beasiswa dari Universitas Budi Luhur khusus untuk kelas Man Junior dan untuk kategori kelas Man Elite/atlit tidak dipungut biaya pendaftaran atau free registration.  

Selain itu untuk event kali ini merupakan kali Pertama dalam balap MTB XC, yaitu penggunaan RFID sebagai timing system untuk para pembalap. "Hal ini membuktikan kesungguhan kami untuk selalu berfikir dan berkreasi untuk selalu bisa memberikan kontribusi terhadap olah raga sepeda gunung baik bagi pembalap atlit maupun penghobi olah raga ini," jelas Ilham yang juga Ketua Komunitas JPG Mountain Bike Park  ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.