Sukses

Sutanto Tan, Generasi Baru Etnis Tionghoa di Timnas

Liputan6.com, Jakarta - Sudah cukup lama Timnas Indonesia tidak dihuni pemain keturunan Tionghoa. Kini, Timnas U-22 besutan Aji Santoso memiliki seorang Sutanto Tan.

Sutanto Tan merupakan pemain keturunan Tionghoa putra pasangan Christian Tan dan Yulia Yeo. Penyerang bertinggi badang 179 cm itu pernah menimba ilmu di Singapura bersama Geylang United. Namun karena alasan akademis, Tanto terpaksa kembali ke Indonesia.

Ya sejak era Juan Revi Auriqto, Kim Kurniawan, dan Arthur Irawan, Timnas memang tak pernah lagi dihuni pemain etnis Tionghoa. Kini, Tanto siap bersaing dengan Antony Nugroho, Muchlis Hadi Ning Saifulloh, dan Cristover Sibi untuk menghuni lini depan Timnas.

"Adaptasi saya lancar seperti tahap I dan II. Saya akan berikan yang maksimal untuk timnas," ungkap Tanto.

Baca Halaman Selanjutnya ----->

2 dari 2 halaman

Siap Cetak Banyak Gol

Striker Pusam Bali United ini juga mengungkapkan kalau dirinya sadar akan kemampuan para pemain milik Aji selain dirinya dan tuntutan striker sebagai mesin gol bagi tim.

"Betul, persaingan sangat ketat. Tapi sama saja, teman-teman yang lain juga berpikir yang penting kami bisa memenangkan setiap pertandingan," terang pemain 20 tahun itu dengan aksen Melayunya.

Disinggung mengenai minimnya gol dari lini depan, pemain yang nyaman sebagai target man ini tak terlalu terbebani. "Maka dari itu, tiap hari kami terus latihan, serap apa yang dikatakan coach saja, kalau disuruh banyak cetak gol ya lakukan," tutup Tanto.

Timnas U-23 rencananya akan menggelar latihan pada Rabu (4/3/2015) sore hari di Lapangan Sutasoma, Komplek Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Pada sore itu, tiga pemain seperti Evan Dimas, Ilham Udin dan Putu Gede dipastikan sudah bisa bergabung.