Sukses

5 Klub yang Pensiunkan Nomor Punggung Pemain Legendaris

Beberapa klub telah mempensiunkan nomor punggung pemain legendaris untuk menghormati pemain.

Liputan6.com, Jakarta Nomor Punggung merupakan hal terpenting untuk seorang pemain yang tak bisa dilupakan begitu saja. Beberapa pemain akan diingat nomor punggungnya sebab ia merupakan ikonik bagi klub yang dibelanya.

Maka itu, beberpa klub rela mempensiunkan nomor punggung pemain legendaris yang sudah berjasa banyak untuk klub. Hal itu bermaksud untuk menghargai seorang pemain yang telah berjasa besar terhadap klub itu sendiri. Sebagai contohnya adalah AC Milan yang rela mempensiunkan nomor punggung 3.

Keputusan Milan untuk mempensiunkan nomor punggung 3 yang dipakai oleh Paolo Maldini, tak lepas dari penghormatan klub peraih tujuh kali juara Liga Champions itu untuk jasa yang telah diberikan oleh sang legenda.

Pria asal Italia tak perlu diragukan lagi kadar loyalitas dan kontribusinya untuk Milan. Ia telah membela I Rossoneri sejak tahun 1984 hingga tahun 2009, dan dirinya telah memberikan berbagai gelar bergengsi untuk klub selama kariernya.

Tak hanya Milan yang mempensiunkan nomor punggung pemain, beberapa klub lain juga telah melakukan hal serupa dengan Milan. Berikut ini daftar klubnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Franco Baresi (No 6 / AC Milan)

AC Milan sebelumnya telah lebih dulu mempensiunkan nomor 6 milik Franco Baresi. Ia telah bermain dalam rentan 20 tahun bersama AC Milan, dimana dirinya hanya membela I Rossonerri sepanjang karirnya.

Total 21 gelar ia persembahkan dengan sumbangsih 719 pertandingan dan 33 gol. Sebagai pemain bertahan, ia juga termasuk salah satu bek terbaik sepanjang masa.

3 dari 6 halaman

Johan Cruyff (No 14/Ajax Amsterdam)

Cruyff merupakan salah satu legenda hidup dari Belanda, walaupun ia tak pernah berhasil membawa Oranje menjadi juara Piala Dunia tetapi pria asal Belanda itu tetap dikenang oleh klub Ajax Amsterdam. Sebab ia telah berhasil memberikan tiga gelar Liga Champions.

4 dari 6 halaman

Diego Armando Maradona (No 10/Napoli)

Semenjak bergabungnya Maradona pada 1984, sejarah emas langsung ditorehkan. Tidak tanggung-tanggung, gelar Serie A bisa dirasakan Napoli dua kali yaitu musim 1986/87 dan 1989/90.

Tidak hanya gelar itu, Piala Italia dan Piala UEFA pun bisa mampir di markas Napoli. Sebagai wujud terima kasihnya publik Napoli membuatkan patung Maradona di tengah kota. Dan nomor punggung 10 yang dikenakannya tak lagi dipakai pemain lain.

Sebenarnya Maradona memperbolehkan nomor 10 di Napoli kembali digunakan, terutama pada Ezequiel Lavezzi yang juga asal Argentina. Namun Lavezzi menolaknya lantaran nomor tersebut adalah nomor yang harus selalu dihargai.

5 dari 6 halaman

Antonio Puerta (No16/Sevilla)

Nomor punggung 16 dipensiunkan karena Puerta, pemain yang mengenakan nomor ini, meninggal dunia karena serangan jantung pada pekan pertama La Liga Spanyol 2007/08. Namun nomor ini tidak sepenuhnya dipensiunkan karena aturan LFP [Badan Liga Sepakbola Spanyol] menyatakan bahwa klub-klub yang mengikuti liga sepakbola di Spanyol harus menggunakan nomor punggung 1-25 untuk skuad reguler mereka, dan pada tahun 2008, David Prieto mengenakan jersey no.16 untuk menghormati mantan rekan satu timnya.

6 dari 6 halaman

Gianfranco Zola (No 25/Chelsea)

Untuk menghormati kontribusi Zola kepada klub, Chelsea memensiunkan nomor punggung 25 yang dikenakan oleh Zola saat masih membela The Blues.

Zola terkenal sebagai pemain yang cukup disegani di Chelsea. Dia memperkuat Chelsea sejak 1996 sampai 2003. Di musim keduanya, pada 1997/1998, Zola sukses mempersembahkan Piala Winners untuk The Blues. Total 59 gol yang dicetaknya untuk klub London Utara ini.

 

Baca Juga:

Arema Dituding Sengaja Mengalah kepada Persib

Riedl Beberkan Alasan Coret 2 Pemain Persib

Selingkuhan Wayne Rooney Ternyata Seorang Lesbian

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.