Sukses

`Krisis Keamanan Ukraina karena Prancis`

Ukraina gagal ke Piala Dunia karena kalah agegat 2-3 dari Tim Ayam Jantan.

Liputan6.com, Paris: Mantan pelatih timnas Prancis Raymond Domenech melontarkan pernyataan menarik terkait krisis Ukraina. Menurutnya Prancis secara tak langsung berpengaruh pada krisis keamanan yang terjadi pada tuan rumah Piala Eropa 2012 itu.

Ya, Prancis mengalahkan Ukraina dalam babak play-offs Piala Dunia 2014. Meski Ukraina menang 2-0 saat leg pertama, namun mereka takluk 0-3 saat leg kedua dimainkan di Paris. Ukraina pun gagal ke Piala Dunia karena kalah agegat 2-3.

"Ukraina berpikir mereka sudah lolos ke Piala Dunia," kata pelatih berusia 62 tahun itu seperti dilansir Guardian.

"Jika mereka mengalahkan kami. Mungkin masyarakatnya akan berpikir 'Baiklah kita lolos ke Piala Dunia. Mari kita hajar Rusia di lapangan'. Jadi, secara tak langsung Prancis bertanggung jawab dengan krisis yang terjadi di sana sekarang," ujarnya menjelaskan.

Domenech juga beralasan hal yang sama pernah terjadi pada negaranya saat Piala Dunia 1998. Namun, Prancis akhirnya lolos dari krisis karena menjadi juara dunia.

"Kami menyaksikannya sendiri tahun 1998. Pendapatan per kapita kami langsung naik satu persen saat juara. Kepercayaan diri masyarakat juga meningkat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini