Sukses

OMC McDonalds Tiruan Resto McDonalds di Negeri Tirai Bambu

Mayoritas restoran di China memang hanya meniru logo McDonald's. Tapi jangan salah, beberapa restoran justru nekat meniru menu dan slogan.

Para pengusaha di China cenderung cerdik dalam membangun bisnis. Sejumlah merek ternama di dunia berhasil ditirunya hanya dengan perbedaan yang sangat tipis.

Merek global lain yang juga berhasil ditiru China adalah McDonald's. Seorang pebisnis China mendirikan sebuah restoran cepat saji bernama OMC McDonald's. 

Uniknya, desain restoran McDnoald's ini dibuat mirip dengan McDonald's yang asli. Bisnis tiruan itu berdiri di pusat perbelanjaan di Nanjing, China.

Meski kehadiran McDonald's di China terhitung sangat kuat dan bisnisnya mampu berkembang pesat, tapi Anda bisa menemukan tiruannya dengan mudah di sana. Bahkan jiplakan McDonald's ini tak hanya satu.

Jika bepergian ke sana, Anda bisa menemukann sejumlah restoran cepat saji yang gaya dan desainnya mengikuti McDonald's.

Berikut cerita berdirinya sejumlah restoran tiruan sejenis McDonald's seperti dikutip dari The Mirror, ABC News, dan CNBC, Rabu (19/2/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman


Banyak restoran mirip McDonald's di China


Terkenal sebagai merek dunia, McDonald's tidak bisa kabur dari aksi meniru yang gencar dilakukan di China. Maklum, selama ini China dikenal cerdik meniru sejumlah toko dan merek ternama dunia.

Para penduduk China maupun turis asing dapat menemukan sejumlah restoran yang sangat mirip dengan McDonald's. Jika tidak teliti, para konsumen bisa langsung tertipu dan menyantap menu restoran yang hanya mirip dengan McDonald's.

Sebagian besar restoran tiruan itu terlihat mirip dari penampakan luar dan logo. Memang kebanyakan pebisnis meniru penampilan usaha termasuk cat restoran yang didominasi warna merah dan kuning.


Beda tipis dengan McDonald's, OMC McDonald's berdiri di China
3 dari 4 halaman



Mayoritas restoran di China memang hanya meniru logo McDonald's. Tapi jangan salah, beberapa restoran justru nekat meniru menu dan slogan McDonald's guna menarik lebih banyak konsumen.

Salah satu tiruan yang sangat menyerupai McDonald's adalah McDnoald's yang menyajikan menu serupa dengan restoran besar tiruannya itu. Meski selintas terlihat sangat mirip, tetapi terdapat beberapa perbedaan yang cukup mencolok di antara keduanya.

Logo McDonald's digambarkan dengan dua lengkungan berwarna emas yang jika disatukan dapat membentuk huruf M. Huruf M itu mewakili nama salah satu restoran cepat saji di dunia tersebut.

Sementara OMC McDnoalds memiliki tiga lengkungan berwarna kuning di bagian logonya. Serta tertera tulisan OMC McDnoalds pada kaki-kaki lengkungan tersebut.


Bukan hanya McDnoalds, McDonald's juga punya tiruan lain di China
4 dari 4 halaman



Tak hanya, McDnoald's banyak restoran serupa lain yang meniru logo khas McDonald's. Semua itu dilakukan guna membuat restoran tiruan di sana lebih mudah dikenal dan cepat populer.

Strategi penjiplakan bisnis ini dilakukan tanpa kesulitan dengan meniru skema logo dan warna desain restoran. Ada yang menggunakan logo di atas pintu atau di bagian jendela restoran

Di antara restoran yang meniru logo McDonald's adalah Mini Dog dan Michael Alone. Keduanya juga menjual makanan cepat saji seperti ayam goreng dan burger. (Sis/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.