Sukses

Harga Cabai Makin Pedas

Harga cabai di pasar tradisional mengalami kenaikan seiring musim hujan yang terjadi di Indonesia.

Harga cabai di pasar tradisional mengalami kenaikan harga. Lonjakan harga ini diperkirakan karena masuknya musim hujan di beberapa  Indonesia sehingga mempengaruhi panen cabai.

"Harga cabai akhir-akhir ini lagi naik tinggi, semuanya naik, mulai dari cabai merah besar, rawit merah, rawit hijau, cabai merah keriting, semuanya naik," ujar Yati (52), salah satu pedagang sayuran saat berbincang dengan Liputan6.com di PD Pasar Jaya Buncit, Jakarta Selatan, Jumat (20/12/2013).

Hal yang sama juga dikatakan oleh Ningsih (37), penjual sayuran di pasar yang sama. Menurut Ningssih, selain mengganggu panen sayuran, masuknya musim hujan ini juga membuat sayuran yang sudah di panen menjadi cepat membusuk, sehingga tidak bertahan lama.

"Kan kalau musim hujan juga sayuran jadi cepat busuk, karena lembab. Mungkin itu juga jadi salah satu penyebabnya. Jadi sudah panennya terganggu, sayurannya juga tidak bisa tahan lama," kata Ningsih.

Dia menjelaskan, rata-rata kenaikan harga cabai sebesar Rp 5 ribu per kg. Kenaikan ini terjadi mulai 2 minggu lalu. "Naiknya sedikit-sedikit, kira-kira mulai 2 minggu lalu, kalau tidak salah,"  ujar Ningsih.

Namun kenaikan ini, lanjut Ningsih, tidak terlalu mempengaruhi penjualan cabai. Meski demikian, dia berharap harga cabai ini tidak terus meningkat seperti yang terjadi pada momen Idul Fitri lalu.

"Kalau disini kebanyakan yang beli kan yang punya usaha juga seperti warteg, jadi mau enggak mau tetap harus beli. Kalau yang beli ibu rumah tangga sedikit dikurangi belinya, biasanya beli setengah kilogram (kg), sekarang mungkin jadi seperempat kg," tandasnya. (Dny/Ahm)

Berikut besaran kenaikan harga cabai berdasarkan pantauan Liputan6.com:

Cabai merah besar dari Rp 37 ribu menjadi Rp 40 ribu per kg

Cabai merah keriting dari Rp 28 ribu menjadi Rp 35 ribu per kg

Cabai rawit merah dari Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu per kg

Cabe rawit hijau dari Rp 15 ribu menjadi Rp 20 ribu per kg


Baca Juga:

Harga Bumbu Masak Naik 50% Jelang Natal

Harga Beras Stabil, Cabai Merah Kian Pedas

Mentan Jamin Harga Sembako Stabil Saat Libur Akhir Tahun





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.