Sukses

Ciptakan Sinergi, BPJS Gandeng Tiga Bank BUMN

Dalam penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah bekerja sama dengan tiga bank untuk mendukung proses pembayaran iuran. Ketiga bank itu antara lain Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Direktur Utama PT Askes (Persero), Fahmi Idris mengungkapkan, pihaknya  hanya memilih tiga bank tersebut berdasarkan dua alasan mendasar.

"Pertama kita memilih yang BUMN, ini menjadi hal positif karena menjadi sinergi antar BUMN," ungkap Fahmi di Kantor Pusat Askes di Jakarta, Rabu (11/12/2013).

Sinergi BUMN ini merupakan imbauan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan untuk menciptakan BUMN yang lebih kompak dan lebih kuat.

Alasan kedua yang disampaikan Fahmi yaitu ketiga bank tersebut merupakan tiga bank terbesar yang ada di Indonesia sehingga secara otomatis jaringan kantornya juga sudah cukup kuat.

"Fakta saja, bahwa itu tiga (bank) urutan pertama, kemudian yang kedua memungkinkan point of appointment dari masyarakat itu bisa terpenuhi," jelas Fahmi.

Selain proses iuran, tiga bank tersebut juga akan membantu dalam hal cash pooling, pengumpulan iuran dan pendaftaran peserta.

PT Askes (Persero) mulai 1 Januari 2014 akan bertransformasi menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Tak lagi berada di bawah bayang-bayang kementrian BUMN, BPJS Kesehatan nanti akan menjadi lembaga publik yang berada dibawah Kementrian Kesehatan. (Yas/Ahm)