Sukses

Olok-Olok Piutang China, Presenter Media AS Banjir Protes

Jimmy Kimmel, presenter AS memberikan pernyataan mengejutkan soal kepemilikan utang AS oleh China senilai US$ 1,3 Miliar. Apa pernyataannya?

Mulutmu Harimaumu, kata-kata bijak bagi setiap orang agar berhati-hati ketika berbicara. Pepatah ini juga berlaku bagi Jimmy Kimmel, presenter salah satu stasiun televisi Amerika Serikat (AS) dalam program talk show, Jimmy Kimmel Live.

Penduduk China dikabarkan melayangkan kritik dan protes keras pada presenter Jimmy Kimmel setelah mengeluarkan pernyataan yang dianggap menyinggung masyarakat keturunan China-AS yang bermukim di Negara Paman Sam tersebut.

Mengutip laporan CNBC, Selasa (12/11/2-13), Kimmel diketahui melontarkan pertanyaan kepada salah seorang tamu cilik tentang bagaimana cara pemerintah  AS melunasi utangnya sebesar US$ 1,3 triliun pada China. Seperti diketahui, China saat ini menjadi pemilik surat utang terbesar AS.

Secara tak terduga, jawaban mengejutkan justru muncul dari anak berusia enam tahun tersebut. "Bunuh semua orang di China," jawab anak tersebut polos.

Disinilah kontroversi muncul. Kimmel justru menanggapi jawaban anak kecil tersebut dengan mengatakan pernyataan sang anak merupakan ide yang menarik. Pernyataan Kimmel pun langsung menuai protes dari masyarakat keturunan China-AS yang bermukim di negeri tersebut.

Tak cukup disitu, pemerintah China tampaknya juga emosi dengan pernyataan Kimmel. Juru Bicara Menteri Luar Negeri China, Qin Gang menilai, ABC sebagai pihak yang menyiarkan acara Talk Show tersebut harus menanggapai protes masyarakat China-AS.

"Ini sangat penting untuk mengatasi penyebaran rasisme dan kebencian di antara masyarakat. Ini merupakan tanggung jawab sosial," ungkapnya.

Sejauh ini, ABC telah mengungkapkan penyesalannya. Kimmel juga telah menyampaikan permintaan maaf yang mendalam karena bagian kontroversial dari acara bincang-bincang tersebut masih tetap ditayangkan.(Sis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini